Politik

Prabowo Sepakat Pemilu Harus Rukun

21
×

Prabowo Sepakat Pemilu Harus Rukun

Share this article
Capres 2024 Prabowo Subianto. Foto: IG prabowo
Prabowo Sepakat Pemilu Harus Rukun

G24NEWS.TV, JAKARTA –  Calon presiden nomor urut 2 Prabowo Subianto bersama Kardinal Suharyo Hardjoatmodjo dan pengurus Konferensi Waligereja Indonesia (KWI) sepakat Pemilu harus rukun.

Ketiganya menyampaikan sikap itu selepas bertemu selama kurang lebih satu jam di Kantor Konferensi Waligereja Indonesia di Jakarta, Jumat.

“Intinya semuanya adalah kesatuan dan di situ di bawah judul kesatuan itu ada sekian banyak hal, yaitu pemilu yang jujur, dikatakan oleh Bapak Prabowo sendiri, damai, adil, dan sebagainya,” kata Uskup Agung Jakarta Kardinal Suharyo dikutip dari Antara.

Dalam pertemuan itu, Prabowo didampingi oleh Anggota Dewan Pengarah Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran Hashim Djojohadikusumo, sementara Kardinal Suharyo didampingi oleh Ketua Presidium Konferensi Waligereja Indonesia Mgr. Antonius Subianto Bunjamin, yang saat ini juga menjabat Uskup Bandung.

Baca Juga  Soal Gibran Jadi Cawapres, Prabowo: Saya yang Pilih, Saya yang Minta

Prabowo, dalam jumpa pers yang sama selepas pertemuan, menyampaikan secara langsung tekadnya untuk menjaga kontestasi pemilu harus rukun dan tetap santun.

Prabowo juga menyampaikan secara langsung visi, misi, dan program-program yang akan diwujudkan bilamana dirinya dan Gibran terpilih pada Pilpres 2024.

“Kami diberikan kesempatan menyampaikan itikad kami, niat kami, maju di pemilihan yang akan datang. Kami juga menyampaikan buku (berisi) visi misi kami,” katanya.

Prabowo juga mengatakan dirinya mendapat wejangan dari Kardinal Suharyo.

“Kami komitmen pada kontestasi yang santun, yang damai, dan berkali-kali saya jelaskan dan kembali saya jelaskan di depan KWI bahwa saya menganut keyakinan apa pun yang terjadi, yang paling penting adalah persatuan dan kerukunan di antara seluruh rakyat Indonesia, terutama yang harus dipelopori, diberi contoh oleh para elite, para pemimpin-pemimpin Indonesia,” katanya.

Baca Juga  Pemilih Luar Negeri Harus Diberi Pemahaman Pindah Memilih

Prabowo pada hari ke-60 kampanye Pilpres 2024 bertemu dengan Kardinal Suharyo dan pengurus KWI, kemudian juga menerima secara langsung dukungan dari kurang lebih 4.000 pengacara yang tergabung dalam Aliansi Advokat Indonesia mendukung Prabowo-Gibran di Jakarta.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI telah menetapkan tiga peserta Pilpres 2024, yakni pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md nomor urut 3.

Masa kampanye berlangsung mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024. Setelah masa kampanye, ada masa tenang pada 11-13 Februari 2024. Kemudian, jadwal pemungutan suara Pemilu 2024 berlangsung serentak pada 14 Februari 2024.

Email: DharmaSastronegoro@G24.News

Editor: Lala Lala

banner 325x300