Ekonomi

Prabowo Komitmen Lanjutkan Hilirisasi Jika Terpilih Jadi Presiden RI

166
×

Prabowo Komitmen Lanjutkan Hilirisasi Jika Terpilih Jadi Presiden RI

Share this article
Survei Indikator: Elektabilitas Prabowo Ungguli Ganjar dan Anies
Survei Indikator: Elektabilitas Prabowo Ungguli Ganjar dan Anies

G24NEWS.TV, JAKARTA – Calon presiden dari Koalisi Indonesia Maju (KIM) Prabowo Subianto berkomitmen untuk melanjutkan program hilirisasi yang sedang dijalankan oleh Pemerintahan Presiden Joko Widodo.

Prabowo mengatakan hanya melalui hilirirasi Indonesia akan menjadi negara berdaulat, kuat dan mencapai kemandirian ekonomi dari sumber daya alam yang dimiliki bangsa.

Indonesia, jelasnya, tidak boleh lagi bergantung kepada negara lain karena sebenarnya kekayaan alam yang dimiliki negara itu cukup bagi masyarakat Indonesia bahkan bisa diekspor ke luar negeri dalam bentuk barang konsumsi atau produk jadi.

Baca Juga  Kunjungan Wisman Agustus 2023 Tertinggi Sejak Awal Masa Pandemi Covid-19

“Kalau kita mau berdaulat, merdeka, ekonomi kita harus ada di tangan kita sendiri,” jelas Prabowo, dalam keterangannya, Jumat (3/11/2023).

Hilirisasi pengolahan bahan baku, jelasnya, juga bisa memberi nilai tambah untuk perekonomian Indonesia. Dia memastikan bahwa Indonesia bisa semakin maju jika hilirisasi diterapkan.

“Komoditas akan kita lakukan hilirisasi dan ekonomi kita akan melompat lebih jauh,” sambungnya.

Menurut Prabowo, salah satu program yang akan dijalankan ketika dirinya terpilih menjadi Presiden Indonesia nanti adalah membuat Indonesia kuat dan berdaulat dari segi ekonomi.

“Untuk mencapai hal itu, hilirisasi menjadi langkah penting untuk diterapkan,” ujarnya.

Baca Juga  Prabowo-Gibran Dapat Dukungan Relawan Emak-emak

Sebelumnya, Jokowi menyampaikan bahwa program hilirisasi menjadi salah satu strategi pemerintah untuk mendongkrak pendapatan per kapita Indonesia melonjak menjadi US$10.000 dalam waktu 10 tahun.

Jokowi menegaskan bahwa hilirisasi tidak hanya diterapkan pada komoditas mineral saja, tetapi juga pengolahan produk kelautan, seperti rumput laut.

Dia tengah membuat satu pilot project pada satu lokasi terkait hilirisasi rumput laut tersebut yang nantinya bisa ditiru oleh wilayah lain.

Email: Nyomanadikusuma@G24 News
Editor: Lala Lala

banner 325x300