Politik

Prabowo Kembali Tegaskan Akan Fokus Hilirisasi, Anti-korupsi dan Digitalisasi

126
×

Prabowo Kembali Tegaskan Akan Fokus Hilirisasi, Anti-korupsi dan Digitalisasi

Share this article
TKN Prabowo-Gibran Sosialisasi Visi Misi
TKN Prabowo-Gibran Sosialisasi Visi Misi

G24NEWS.TV, JAKARTA – Prabowo Subianto, calon presiden RI nomor urut 2, kembali menegaskan hilirisasi, anti-korupsi, dan digitalisasi menjadi kunci untuk mewujudkan visi Indonesia sebagai negara maju pada 2045 atau saat RI tepat berusia 100 tahun.

Tiga langkah itu, kata Prabowo, merupakan bagian dari strategi konkretnya untuk mewujudkan visi dan misinya jika terpilih sebagai presiden RI dalam Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

“Strategi kami intinya adalah hilirisasi, yang kedua kebijakan yang berani membela rakyatnya sendiri. Satu, kita harus berantas korupsi dari Bumi Indonesia,” kata Prabowo saat berorasi dalam acara deklarasi Gempita mendukung pasangan Prabowo-Gibran di Bandung, Jawa Barat, Rabu (27/12/2023).

Dia menyampaikan kebijakan anti-korupsi diwujudkan salah satunya dengan menutup celah atau kemungkinan tindakan rasuah terjadi. Strateginya, antara lain menerapkan digitalisasi dalam sistem pengadaan dan penggunaan anggaran negara.

“Kedua, digitalisasi. Kita kurangi kemungkinan-kemungkinan kebocoran pemerintah, sekarang, sudah ada e-katalog, sekarang bisa dibuka, kita akan tahu persis semua barang yang bisa dibeli oleh pemerintah, kita akan tahu harga-harganya, pabrik-pabriknya, kita akan tahu sumber-sumbernya,” kata Prabowo.

Baca Juga  Temukan Pelanggaran, Bawaslu Manokwari Papua Barat Rekomendasikan Pemungutan Suara Ulang 7 TPS

Dia berkeyakinan sistem digital itu dapat menutup celah-celah korupsi misalnya seperti mark up atau penggelembungan harga dari harga aslinya.

Sementara itu, terkait hilirisasi, Prabowo menyebut sederhananya itu dimaknai sebagai Indonesia mengolah sendiri sumber daya alamnya.

“Kekayaan kita, bahan baku kita, harus diolah di Indonesia. Kita tidak mau mengizinkan kekayaan kita, bahan-bahan kekayaan kita dijual murah ke bangsa lain tanpa diolah di Indonesia,” kata Capres nomor urut 2 itu.

Dia menyebut beberapa komoditas menjadi prioritas hilirisasi, jika dia dan pasangannya, Gibran Rakabuming Raka, terpilih, yaitu nikel, bauksit, timah, emas, perak, batu bara, minyak dan gas bumi.

“Tetapi tidak hanya itu, produk-produk pertanian, kelapa sawit, karet, ikan, udang, rumput laut, ini kalau diolah nilainya bisa ribuan persen. Ini adalah peta menuju Indonesia makmur,” kata dia.

Hari ke-30 Kampanye

Prabowo Subianto pada hari ke-30 kampanye Pilpres 2024, Rabu, mengambil cuti untuk berkampanye di Bandung, Jawa Barat. Dia bertolak dari Aceh dan tiba di Bandung pada siang hari.

Baca Juga  TKN Prabowo-Gibran Sampaikan Gagasan Kemandirian Ekonomi Kepada Anak Muda di Tangerang

Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI menetapkan tiga pasangan calon presiden dan calon wakil presiden untuk berkontestasi di Pemilihan Presiden 2024, yaitu Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (pasangan calon nomor urut 1), Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka (pasangan calon nomor urut 2), dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD (pasangan calon nomor urut 3).

Di Bandung, Prabowo dijadwalkan hanya menghadiri acara deklarasi dukungan dari Gerakan Muslim Persatuan Indonesia Cinta Tanah Air, kemudian selepas itu dia dijadwalkan melanjutkan perjalanan ke Surabaya, Jawa Timur, untuk menghadiri perayaan Natal nasional bersama Presiden RI Joko Widodo dan sejumlah menteri.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI menetapkan masa kampanye berlangsung pada 28 November 2023 sampai dengan 10 Februari 2024. Kemudian, masa tenang berlangsung pada 11–13 Februari 2024. KPU menetapkan pemungutan suara pilpres dan pemilihan anggota legislatif berlangsung serentak pada 14 Februari 2024. (ANTARA)

Email: Nyomanadikusuma@G24 News
Editor: Lala Lala

banner 325x300