Politik

Prabowo Imbau Relawan Waspada Kecurangan Pemilu

25
×

Prabowo Imbau Relawan Waspada Kecurangan Pemilu

Share this article
Capres dan cawapres 2024 Prabowo-Gibran. Foto: IG prabowo
Capres dan cawapres 2024 Prabowo-Gibran. Foto: IG prabowo

G24NEWS.TV, JAKARTA Calon Presiden nomor urut 2 Prabowo Subianto meminta relawannya di tempat pemungutan suara (TPS) mewaspadai potensi kecurangan Pemilu saat pemungutan suara 14 Februari 2024.

Prabowo pun meminta para relawannya di TPS nanti ikut aktif menggunakan teknologi misalnya gawai mereka masing-masing saat mengawasi pemungutan dan penghitungan suara di TPS-TPS untuk cegah kecurangan pemilu.

“Proses harus direkam, jadi kalau ada yang tidak benar buktinya banyak,” kata Prabowo ke para pendukungnya saat dia menghadiri acara deklarasi dari Aliansi Advokat Indonesia Bersatu di Jakarta, Jumat.

Prabowo meyakini dia dan Gibran Rakabuming Raka bakal terpilih dalam Pilpres 2024 karena dukungan masyarakat yang luar biasa. Di tiap lokasi Prabowo kampanye, dia menilai dukungan masyarakat begitu besar ditujukan kepada dirinya dan Gibran.

Baca Juga  TKN Prabowo-Gibran: Penampilan Gibran di Debat Cawapres Balikkan Persepsi Publik

“Kami percaya dengan dukungan rakyat. Dukungan rakyat sudah luar biasa kepada kita saudara-saudara sekalian. Saya merasakan di mana-mana. Tetapi, kita juga bukan anak kecil. Kita waspada, waspada,” kata Prabowo.

KPU RI menetapkan pemungutan suara untuk pasangan presiden dan calon presiden serta anggota legislatif berlangsung serentak di seluruh wilayah Indonesia pada 14 Februari 2024. Namun, untuk pemilih di luar negeri, mereka dapat memilih mulai dari 5–14 Februari 2024 tergantung jadwal pemungutan suara di negara-negara mereka menetap.

Untuk pemungutan suara, KPU RI juga telah melantik 5.741.127 anggota kelompok penyelenggara pemungutan suara (KPPS) se-Indonesia pada Kamis (25/1). Tidak hanya dilantik, mereka juga menerima bimbingan teknis dari KPU RI. Nantinya, para anggota KPPS itu bertugas di 823.220 TPS, yang 820.161 TPS di antaranya di dalam negeri dan 3.059 TPS di luar negeri.

Baca Juga  Politisi Golkar Evelinda Kumpulkan Aspirasi Warga Solok Untuk Dibawa ke DPR RI

KPU menempatkan tujuh anggota KPPS di tiap TPS.

Komisi Pemilihan Umum menetapkan tiga pasangan calon berkontestasi di Pilpres 2024, yaitu Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (pasangan calon nomor urut 1), Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka (pasangan calon nomor urut 2), dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD (pasangan calon nomor urut 3).

Email: DharmaSastronegoro@G24.News

Editor: Lala Lala

banner 325x300