HeadlinePolitik

Prabowo: Hilirisasi Harus Dilakukan di Semua Bidang Agar Indonesia Jadi Negara Kuat

71
×

Prabowo: Hilirisasi Harus Dilakukan di Semua Bidang Agar Indonesia Jadi Negara Kuat

Share this article
Capres 2024 Prabowo Subianto dalam Konsolidasi Tim Pemenangan Prabowo-Gibran di Sentul International Convention Center (SICC), Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Minggu (10/12/2023). Foto: IG golkar.indonesia
Capres 2024 Prabowo Subianto dalam Konsolidasi Tim Pemenangan Prabowo-Gibran di Sentul International Convention Center (SICC), Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Minggu (10/12/2023). Foto: IG golkar.indonesia

G24NEWS.TV, JAKARTA – Capres nomor urut 2 Prabowo Subianto mengatakan dirinya ingin mewujudkan cita-cita Presiden RI Joko Widodo melakukan hilirisasi di semua bidang agar Indonesia menjadi negara kuat.

“Beliau (Jokowi) sampaikan, berapa kali, kalau kita tidak hilirisasi tidak mungkin rakyat kita makmur. Tidak mungkin Indonesia menjadi negara kuat, beliau katakan berkali kali,” kata Prabowo dalam Konsolidasi Tim Pemenangan Prabowo-Gibran di Sentul International Convention Center (SICC), Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Minggu (10/12/2023).

Menurut dia, banyak negara lain risau ketika Indonesia melakukan hilirisasi, karena rata-rata negara tersebut menginginkan membeli hasil alam Indonesia dengan harga murah.

“Mereka maunya mereka ambil barang kita murah, kemudian bahan kita diolah, kemudian dijual puluhan kali (dari harga) milik kita. Pak Jokowi tegas, tidak mau lagi jual barang barang kita murah,” bebernya.

Baca Juga  Bawaslu Pastikan Tidak Ada Pelanggaran Kampanye Caleg Golkar di Jabar

Prabowo menjelaskan, Indonesia bisa melakukan hilirisasi bukan hanya dari sektor pertambangan, melainkan juga dari pertanian, perikanan, hingga kehutanan.

“Kita tidak mau menjual kekayaan kita murah lagi, puluhan pabrik harus dibangun di Indonesia. Kita tidak mau jadi bangsa UMR (upah minimum regional), kita mau jadi negara yang maju negara yang makmur, anak anak kita harus hidup terhormat,” ungkap Prabowo.

Berdiri di Atas Kaki Sendiri

Ia mengaku satu sudut pandang dengan Jokowi mengenai strategi dalam hal hilirisasi.

Menurut dia, untuk mewujudkan hilirisasi di setiap sektor, ia bersama Jokowi satu ideologi sesuai dengan cita-cita Presiden RI pertama Soekarno, yakni berdiri di atas kaki sendiri.

Baca Juga  Prabowo Bahas UU Pesantren di Ponpes Cipasung Tasikmalaya

Pemerintah, kata dia, harus memastikan ketersediaan sumber daya alam (SDA) Indonesia memberikan nilai tambah untuk kepentingan bangsa sendiri.

“Kita harus punya mobil buatan Indonesia, motor, pesawat terbaik, kereta api, televisi, komputer, gadget-gadget, semuanya harus bisa kita buat. Kita tidak mau jadi pasar bagi bangsa lain kita harus bisa memproduksi barang-barang,” paparnya.

Konsolidasi Tim Pemenangan Prabowo-Gibran bertajuk “Waktunya Indonesia Maju” ini juga dihadiri oleh Prabowo Subianto dan sejumlah pimpinan partai politik Koalisi Indonesia Maju.

Email:Nyomanadikusuma@G24 News
Editor: Lala Lala

banner 325x300