Ekonomi

Prabowo Dipastikan Teruskan Program Food Estate Untuk Perkuat Ketahanan Pangan Nasional

62
×

Prabowo Dipastikan Teruskan Program Food Estate Untuk Perkuat Ketahanan Pangan Nasional

Share this article
Cawapres Prabowo Subianto. Foto: Ist
Cawapres Prabowo Subianto. Foto: Ist

G24NEWS.TV, JAKARTA – Calon Presiden RI Prabowo Subianto dipastikan meneruskan program pembangunan food estate atau lumbung pangan guna memperkuat ketahanan pangan.

“Yang sudah dilakukan oleh Pak Jokowi itu akan diteruskan, terutama program yang memang sebenarnya butuh langkah strategic ya seperti food estate,” kata anggota Dewan Pakar Tim Kampanye Nasional (TKN) Muhammad Sirod saat ditemui di kawasan Tebet, Jakarta Selatan, Kamis (14/12/2023).

Menurut Sirod, food estate diperlukan agar masyarakat punya persediaan pangan yang cukup, terutama pada saat krisis ataupun genting seperti pandemi COVID-19.

Ia mencontohkan beberapa food estate yang dinilai berhasil dikelola oleh Jokowi, salah satunya adalah pertanian di Karawang.

Baca Juga  Kemenperin Tumbuhkan Wirausaha Baru Berbasis SDA dan Kearifan Budaya

“Karawang sudah jadi lumbung pangan untuk nasional dan itu contoh konkret yang berhasil,” kata dia.

Di satu sisi, Sirod mengakui banyak pihak yang mengecam program tersebut lantaran dianggap merusak lingkungan seperti penebangan dan pemanfaatan lahan untuk membangun food estate.

Meski demikian, dia menekankan bahwa kebutuhan akan terpenuhi pangan masyarakat jauh lebih penting.

Prabowo juga akan menurunkan banyak ahli di bidang pertanian agar pembangunan food estate selaras dengan perlindungan lingkungan.

“Bukan berarti berniat merusak lingkungan, tetapi kita butuh makan dan harus membuka lahan tentu dengan teknologi pertanian,” kata dia.

Baca Juga  Relawan Cakra Satya 08 Deklarasikan Dukungan Untuk Prabowo-Gibran

Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah menetapkan pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md. nomor urut 3 pada Pemilihan Umum Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2024.

KPU menyelenggarakan debat pertama peserta Pilpres 2024 di Jakarta, Selasa malam, dengan tema pemerintahan, hukum, HAM, pemberantasan korupsi, penguatan demokrasi, peningkatan layanan publik, dan kerukunan warga.

Debat diikuti tiga pasangan calon, yakni nomor urut 1 Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar, nomor urut 2 Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka, dan nomor urut 3 Ganjar Pranowo-Mahfud Md. (ANTARA)

Email: Nyomanadikusuma@G24 News
Editor: Lala Lala

banner 325x300