Olahraga

Prabowo Akan Kirim Pemain Terbaik Nusantara Open U-17 ke Aspire Qatar

92
×

Prabowo Akan Kirim Pemain Terbaik Nusantara Open U-17 ke Aspire Qatar

Share this article
Calon Presiden RI Prabowo Subianto meresmikan turnamen sepak bola Nusantara Open U-17 di gelanggang sepak bola Akademi Garudayaksa, Bekasi, Jawa Barat, Kamis (14/12/2023). Foto: Kemenpora
Calon Presiden RI Prabowo Subianto meresmikan turnamen sepak bola Nusantara Open U-17 di gelanggang sepak bola Akademi Garudayaksa, Bekasi, Jawa Barat, Kamis (14/12/2023). Foto: Kemenpora

G24NEWS.TV, JAKARTA – Ketua Dewan Pembina Akademi Garudayaksa Prabowo Subianto membuka pergelaran Nusantara Open U-17 2023 yang diharapkan menjadi turnamen yang memunculkan pemain sepak bola bertalenta untuk Indonesia.

Nusantara Open U-17 2023 merupakan turnamen yang diprakarsai oleh Akademi Sepak Bola Garudayaksa dan akan berlangsung di Komplek Garudayaksa, Jalan Cisaat, Setu, Bekasi, Kamis (14/12/2023).

“Jadi, pemuda-pemuda di depan saya ini (peserta), saya berharap bahwa juga nanti PSSI akan membina tim-tim pemudi, tim-tim perempuan kita, dan harus ada nanti Nusantara Open untuk perempuan supaya kaum perempuan juga akan tampil,” kata Prabowo Subianto dalam sambutannya.

Prabowo mengungkapkan nantinya pemain-pemain yang potensial di Nusantara Open 2023 akan menjadi bagian dari Akademi Sepak Bola Garudayaksa dan akan diberikan kesempatan menimba ilmu di akademi Aspire Qatar.

Mengenai alasan pemilihan akademi Aspire Qatar, Prabowo menguraikan bahwa akademi Aspire Qatar merupakan salah satu akademi sepak bola terbaik di dunia dan mempunyai kedekatan komunikasi dengan Indonesia.

Baca Juga  Menpora Dito Berikan Penghargaan Pelatih Disabilitas Berprestasi Untung Subagyo

“Aspire Academy itu terbaik di dunia, mungkin satu lagi di Barcelona (akademi La Masia) yang tarafnya luar biasa. Tapi tentu lebih susah (menjalin kerja sama dengan La Masia), karena Qatar hubungan saya dan Pak Erick baik dengan tokoh-tokoh Qatar, jadi ini urusan pertemanan, kalau dengan Indonesia, mereka terbuka,” kata Prabowo yang juga merupakan Menteri Pertahanan tersebut.

Berlangsung 14-21 Desember

Turnamen ini rencananya digelar mulai tanggal 14 sampai 21 Desember. Turnamen Nusantara Open 2023 akan berlangsung dengan durasi 2×30 menit.

Masing-masing tim dapat mendaftarkan pemain sebanyak 23 pemain ditambah lima ofisial. Kompetisi ini akan menggunakan sistem pergantian pemain sebanyak tiga slot dengan maksimal tujuh pemain.

Sebanyak 16 tim yang akan bersaing di Nusantara Open edisi kedua ini di antaranya Persib Bandung, Rans Nusantara FC, Arema FC, Borneo FC Samarinda, Garudayaksa Academy, PSS Sleman, Bali United FC, PSLS Lhoukseumawe.

Baca Juga  Progres Persiapan Kejuaraan Internasional Barongsai Piala Presiden

Selain itu, Persija Jakarta, Maluku Utara Selection, Bhayangkara Presisi Indonesia, PSM Makassar, ASIOP, Persis Solo, PSIM Semarang, serta Bintang Timur Atambua.

Masing-masing tim yang tersebar dalam empat grup akan bermain sebanyak tiga kali untuk memperebutkan rangking. Tim yang berada di rangking satu dan dua lanjut ke fase knockout pada babak delapan besar, semi final, hingga grand final.

Nusantara Open 2023 total memperebutkan hadiah sebesar 2,5 miliar Rupiah yang terbagi juara pertama memperoleh 1 miliar Rupiah, juara kedua meraih 750 juta Rupiah dan semifinalis memperoleh hadiah 500 juta Rupiah. (ANTARA)

Email: Nyomanadikusuma@G24 News
Editor: Lala Lala

banner 325x300