Dyah Roro Esti Sebut Posisi Indonesia Tegas Terhadap Konflik Palestina-Israel

28
×

Dyah Roro Esti Sebut Posisi Indonesia Tegas Terhadap Konflik Palestina-Israel

Share this article
Dyah Roro Esti Sebut Posisi Indonesia Tegas Terhadap Konflik Palestina-Israel
Dyah Roro Esti Sebut Posisi Indonesia Tegas Terhadap Konflik Palestina-Israel

Konflik Palestina-Israel hingga saat ini masih terus berlangsung. Serangan acak yang dilakukan Israel terhadap Palestina pun telah menewaskan ribuan masyarakat sipil di Gaza.

Data yang dihimpun United Nations Office for the Coordination of Humanitarian Affairs (OCHA) dari Kementerian Kesehatan Gaza menunjukkan bahwa serangan Israel telah memakan korban paling banyak berada di Jalur Gaza, yakni korban jiwa 9.061 orang dan korban luka 22.911 orang.

Sementara dalam konflik Palestina-Israel itu, di wilayah Tepi Barat korban jiwanya 132 orang dan korban luka 2.281 orang.

Indonesia, melalui Presiden Joko Widodo, pun telah menegaskan bahwa posisi Indonesia sangat jelas dan tegas mengutuk keras serangan Israel terhadap masyarakat sipil di Gaza.

DPR RI melalui Badan Kerja Sama Antar Parlemen (BKSAP) di posisi yang sama terus memberikan dukungan konkret untuk perjuangan Palestina dalam membebaskan diri dari serangan Israel.

Baca Juga  Meutya Hafidz Ajak Parlemen Jerman Serukan Gencatan Senjata Israel-Palestina

“DPR sendiri menempatkan isu Palestina sebagai bagian terpenting dari agenda diplomasinya dan terus secara proaktif memberikan kontribusi positif untuk mewujudkan kemerdekaan dan kedaulatan Palestina,” ujar Anggota BKSAP DPR RI, Dyah Roro Esti.

Dyah Roro Esti menyatakan dirinya membutuhkan waktu dalam memproses segala hal yang terjadi di Palestina karena hal ini membuatnya begitu hancur.

Ia menambahkan bahwa pembunuhan masyarakat yang tidak bersalah (40 persennya anak-anak) sama dengan membunuh potensi ekonomi, sosial dan perkembangan lingkungan di sebuah negara.

Hal ini karena generasi masa depannya dalam bahaya, di mana kebanyakan mengalami trauma mendalam, masa depan terasa suram dan menakutkan.

Anggota Komisi VII DPR RI ini pun menegaskan, bahwa konflik di Gaza tersebut merupakan krisis kemanusiaan.

“Dan Indonesia harus bisa mengirimkan bantuan-bantuan humanitarian karena saat ini kondisi Palestina yang kekurangan air bersih, bahan bakar, dan pembatasan listrik,” tandas Politisi Fraksi Partai Golkar ini.

Baca Juga  Yordania Tolak Permintaan Israel Duduki Sebagian Wilayah Gaza

Tak hanya itu, ia menyerukan agar Indonesia harus turut serta dalam meredakan eskalasi konflik antara Israel dan Palestina.

Selain itu, Dyah Roro Esti menegaskan bahwa dirinya bersama DPR-RI, Pemerintah dan rakyat Indonesia mendesak gencatan senjata atas dasar kemanusiaan dan hentikan perilaku tidak berperikemanusiaan ini, secepatnya.

Sebagaimana diketahui,  banyaknya masyarakat sipil yang menjadi korban di Palestina dikarenakan tentara Israel menargetkan tempat-tempat dengan konsentrasi masyarakat yang tinggi, seperti rumah sakit; masjid; gereja; kamp pengungsi; sekolah; dan tempat berkumpul lainnya.

Kendati, Israel mengatakan target penyerangannya adalah kelompok militan Hamas. Namun, serangan sporadis tersebut telah menewaskan masyarakat sipil, termasuk anak-anak.

Email: DharmaSastronegoro@G24.News
Editor: Lala Lala

banner 325x300