Nasional

Polri Sediakan Ratusan Bus Mudik Gratis 2023, Ayo Daftar

347
×

Polri Sediakan Ratusan Bus Mudik Gratis 2023, Ayo Daftar

Share this article
tumpukan barang bawaan penumpang yang akan mudik
Ilustrasi: Bawaan mudik, Polri menyediakan ratusan bus untuk mudik gratis 2023. (Foto file - Anadolu Agency)

G24NEWS.TV, JAKARTA — Polisi sediakan 500 armada bus dalam program mudik gratis 2023 dengan tujuan Jawa Barat, Jawa Tengah dan Jawa Timur.

Calon pemudik perlu menyiapkan sejumlah berkas diantaranya fotokopi KTP dan Kartu Keluarga masing-masing 1 lembar.

“Ada 500 bus yang disiapkan,” ujar Latif Usman kepada detikcom (29/3).

Masyarakat dapat mendaftar mulai 29 Maret sampai 12 April 2023. Pendaftaran dapat dilakukan di seluruh Samsat, Gerai Samsat dan Gerai SIM yang berada di wilayah Polda Metro Jaya. Pemberangkatan mudik gratis 2023 akan dilakukan di kawasan Monas, Jakarta Pusat.

Kapolri, Kapolda Metro Jaya dan Kakorlantas Polri akan melepas pemudik pada 19 April 2023 mendatang pukul 08.00 WIB hingga selesai. Polri menargetkan 20.000 orang yang akan diberangkatkan ke berbagai kota/kabupaten di 3 Provinsi dengan berbagai fasilitas bus seperti snack dan pemeriksaan kesehatan.

Baca Juga  Bantu Nelayan Pesisir, Tokoh Golkar Yaumil Ambo Djiwa Resmikan Pabrik Es di Tanjung Babia
Mudik Gratis Polri Presisi Tahun 2023
Mudik Gratis Polri Presisi Tahun 2023

Kota/Kabupaten Tujuan Mudik

Mudik gratis tahun 2023 yang diselenggarakan Polri akan mengantarkan pemudik ke beberapa kota/kabupaten diantaranya sebagai berikut:

  1. Jawa Barat. Rute ini melayani dua jalur yaitu jalur utara dan selatan. Jalur utara meliputi Cirebon Indramayu dan Kuningan Majalengka. Sedangkan Jalur Selatan meliputi Banjar, Tasikmalaya, Garut, Ciamis dan Sumedang
  2. Jawa Tengah. Rute ini melayani 3 jalur yaitu jalur utara, selatan dan utara-timur. Jalur utara meliputi Tegal (Brebes Slawi), Pekalongan (Pemalang Batang), Semarang (Kendal, Demak, Purwodadi), Solo (Klaten, Karanganyar, Boyolali, Sragen, Sukoharjo), dan Wonogiri (Pacitan). Jalur Selatan meliputi Purwokerto (Purbalingga, Banjarnegara, Wonosobo), Purworejo Magelang, Cilacap, Kebumen) serta Jogjakarta dan sekitarnya (Kulonprogo, Sleman, Gunung Kidul dan Bantul). Sedangkan Jalur utara-timur meliputi Kudus (Jepara) dan Rembang (Pati,Blora)
  3. Jawa Timur. tujuan Jawa Timur melayani 2 jalur yaitu jalur utara dan selatan. Jalur utara meliputi Tuban (Lamongan/Bojonegoro), Surabaya (Gresik, Sidoarjo, Pasuruan), Probolinggo (Situbondo, Lumajang, Jember, Banyuwangi) dan Malang Raya. Sedangkan jalur selatan melayani Madiun (Ngawi, Magetan, Ponorogo), Jombang (Mojokerto), Kediri (Tulungagung, Trenggalek, Blitar, Nganjuk).
Baca Juga  Pendaftaran Mudik Gratis Kemenhub Buka, Ini Daftar Kota Tujuan dan Syarat-syarat

 

banner 325x300