Nasional

Politisi Muda Golkar Ryan Kono Prioritaskan Pembangunan Infrastruktur di Gorontalo

329
×

Politisi Muda Golkar Ryan Kono Prioritaskan Pembangunan Infrastruktur di Gorontalo

Share this article
Ryan F. Kono
Wakil Walikota Gorontalo Ryan F. Kono

G24NEWS.TV, JAKARTA – Politisi Muda Golkar yang saat ini menjabat sebagai Wakil Walikota Gorontalo, Ryan F. Kono mengatakan, infrastruktur yang baik dan memadai merupakan kebutuhan masyarakat yang harus dipenuhi oleh Pemerintah Daerah.

Dia mengatakan, Pemerintah Kota Gorontalo menjadikan pembangunan jalan, serta sarana dan prasarana publik sebagai prioritas penggunaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Tahun Anggaran (APBD) 2022.

“Pembangunan infrastruktur akan mendukung upaya mempercepat pertumbuhan ekonomi pasca pandemi COVID-19.” ujar Wakil Wali Kota kelahiran tanggal 4 Januari 1987 ini.

Pembangunan infrastruktur dilakukan dalam bentuk kegiatan peningkatan kualitas jalan, penataan drainase, dan memperbaiki kawasan kumuh. Untuk pembangunan jalan, pihaknya akan memulai dari peningkatan dan perbaikan tiga ruas jalan protokol, yaitu Jalan Jhon A. Katili (eks Andalas), Jalan HB Jassin (eks Agus Salim), dan Jalan Nani Wartabone (eks Jl. Panjaitan).

Pemko Gandeng Pemerintah Pusat dan Provinsi

Dalam upaya meningkatkan kualitas jalan di seluruh Wilayah Kota Gorontalo, Pemerintah Kota juga bekerja sama dengan Pemerintah Provinsi Gorontalo, serta Pemerintah Pusat melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

Pemerintah Kota menangani perbaikan Jalan Panjaitan. Pemerintah Provinsi Gorontalo membangun Jalan Aryo Katili. Sedangkan, Pemerintah Pusat melalui Kementerian PUPR membangun Jalan HB Jassin.

Baca Juga  Hak Pilih Pekerja Tidak Boleh Dihalangi

“Kerja sama dengan Pemerintah Provinsi dan Kementerian PUPR dinilai sangat penting dilakukan untuk menghubungkan Kota Gorontalo dengan kota dan kabupaten lain di Provinsi Gorontalo,” tambah Ryan, belum lama ini.

Selain memperbaiki tiga ruas jalan protokol, Pemerintah Kota Gorontalo juga membangun serta menata sarana dan prasarana publik. Seperti Kawasan Kota Tua, Pasar Setya Praja, Revitalisasi Pasar Sentral, Kawasan Wisata Kuliner Kalimadu, serta pembuatan Tugu Parasamya.

Ryan Kono Dilantik Sejak Tahun 2022

Ryan F. Kono dilantik menjadi Wakil Walikota Gorontalo sejak tahun 2020 dan masa jabatannya akan berakhir tahun 2024. Pria single ini sudah aktif dalam partai politik sejak berusia 25 tahun.

Data Pemko Gorontalo menunjukkan hingga akhir tahun 2021, sebanyak 58,02 persen jalan di Kota Gorontalo sudah dalam kondisi baik. Namun, angka ini masih perlu ditingkatkan minimal menjadi 80 persen.

Dia mengatakan, setidaknya ada tiga hal yang harus dipenuhi dalam pembangunan infrastruktur masyarakat, yaitu kualitas fisik jalan, lokasi pembangunan sesuai dengan kebutuhan masyarakat, serta ketepatan waktu penyelesaian. Dengan demikian, tambah Ryan Kono, tanpa mengabaikan kualitas jalan, pihaknya akan berupaya menyelesaikan semua ruas jalan yang sudah dianggarkan tepat waktu, meskipun jika diperlukan pengerjaan 1×24 jam.

Baca Juga  Konsolidasi dan Soliditas Kunci Kemenangan Partai Golkar pada Pemilu 2024 

Salah Satu Nama Bakal Calon Wali Kota Gorontalo

Sebelumnya, dalam Rapat Kerja Daerah (Rakerda) Partai Golkar berlangsung di Century Beach, Sabtu (21/1/2023), nama Ryan Kono muncul menjadi salah satu figur bakal calon Wali Kota Gorontalo pada Pilkada 2024.

Dalam Rakerda itu, Ryan Kono mengajak seluruh kader Partai Golkar, terutama generasi muda untuk aktif dengan menjalankan strategi terbaik demi memenangkan Pemilihan Umum (Pemilu) 2024.

Para kader, jelasnya, harus maksimal bekerja sama dalam Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres), serta Pemilihan Anggota Legislatif (Pileg) di Tingkat Provinsi, Kabupaten dan Kota.

“Sebagai kader partai, kita harus tetap bekerja sama dan solid untuk memenangkan Golkar di pemilu. Baik Pileg, Pilkada maupun Pilpres 2024 mendatang. Kami di Partai Golkar selalu terbuka. Jadi siapa yang ingin bergabung, kami persilahkan,” ujar Ryan.

Ryan F. Kono adalah Master Administrasi Publik dari Universitas Prof Dr. Moestopo. Judul tesisnya adalah Pengaruh Implementasi Kebijakan Online Single Submission (OSS) dan Profesionalisme Aparatur terhadap Kualitas Pelayanan Perizinan di Kota Gorontalo.*

 

Penulis: Nyoman Adikusuma

Editor: Lala Lala

banner 325x300