Politik

Politisi Golkar Evelinda Dorong Kaum Perempuan di Sumatra Barat Ikut Aktif Berpolitik

169
×

Politisi Golkar Evelinda Dorong Kaum Perempuan di Sumatra Barat Ikut Aktif Berpolitik

Share this article
Politisi Golkar Evelinda saat menjadi narasumber di pelatihan kader partai di Langgam, Sumatera Barat, belum lama ini. Foto: langgaminfo
Politisi Golkar Evelinda saat menjadi narasumber di pelatihan kader partai di Langgam, Sumatera Barat, belum lama ini. Foto: langgaminfo

G24NEWS.TV, JAKARTA – Politisi Golkar Evelinda mendorong kaum perempuan di Sumatra Barat (Sumbar) ikut aktif berpolitik karena lebih sensitif terhadap kepentingan perempuan, anak dan keluarga yang dapat diperjuangkan di lembaga legislatif.

Caleg Golkar Dapil 1 Nomor urut 3 itu mengemukakan selain terlibat langsung menjadi calon legislatif (caleg) hingga kepala daerah, perempuan juga bisa terlibat aktif dalam gerakan politik bersama calon-calon perempuan.

“Misalnya saja menjadi bagian dari tim sukses atau tim pemenangan kandidat,” ujarnya.

“Sebagai perempuan, tentu kami lebih paham yang apa yang harus diperjuangkan untuk perempuan itu sendiri”.

“Kebijakan politik banyak untuk keperluan perempuan juga dan baiknya dikawal perempuan juga,” sambungnya.

Menurut Evelinda, Golkar dan partai politik (parpol) lainnya juga berjuang menngupayakan peningkatan keterlibatan perempuan di panggung politik. Hal ini dilakukan demi mewujudkan proses pembangunan yang lebih baik dan merata.

Baca Juga  Bawaslu Lombok Tengah: Tidak Ada Pelanggaran di Kampanye dan Perayaan HUT Golkar

“Kaum perempuan punya hak yang sama dengan laki-laki untuk sama-sama memperjuangkan aspirasi masyarakat hingga membangun daerah dan bangsa,” tutur putri asli Salayo, Kabupaten Solok itu.

Keterwakilan Perempuan Masih 20,8%

Dari catatan Pemilu 2019, keterwakilan perempuan di DPR RI masih 20,8 persen atau hanya 120 dari 575 anggota DPR.

Angka tersebut masih di bawah persentase 30 persen keterwakilan perempuan yang diamanatkan UU Nomor 7 tahun 2017.

Di Sumbar sendiri, partisipasi perempuan di panggung politik cukup meningkat.

Paling tidak, saat ini ada 4 perempuan yang duduk di kursi DPR RI dari 14 anggota DPR RI dari Sumbar. Masing-masing, 2 di Dapil 1 Sumbar dan 2 orang di Dapil 2 Sumbar.

Baca Juga  Prabowo Ajak Masyarakat Bangun Indonesia Menjadi Bangsa Besar

Sebaliknya, di DPRD Sumbar, justru terjadi penurunan kursi anggota dewan perempuan.

Periode 2019-2024, hanya ada 4 orang perempuan yang jadi anggota DPRD Sumbar. Sebelumnya, ada 7 anggota DPRD perempuan di periode 2014-2019.

“Ini tantangan juga bagi para caleg Perempuan. Bagaimana meyakinkan kaum ibu-ibu tentang pentingnya keberadaan perempuan di parlemen,” tuturnya, seperti dilansir dari Infolanggam, Senin (2/10/2023).

Evelinda menyebutkan, upaya melibatkan perempuan ikut berpartisipasi di politik butuh dukungan dari banyak pihak dan strategi yang tepat.

Dia mengakui  tidak mudah meyakinkan masyarakat di kampung-kampung tentang sosok perempuan yang juga bisa lantang menyuarakan aspirasi.

Email: Nyomanadikusuma@G24 News
Editor: Lala Lala

banner 325x300