Nasional

Politisi Golkar Cen Sui Lan Pastikan Relokasi Rumah Korban Longsor Natuna

230
×

Politisi Golkar Cen Sui Lan Pastikan Relokasi Rumah Korban Longsor Natuna

Share this article
Cen Sui Lan menuju lokasi longsor Natuna dengan menaiki Helikopter pekan lalu Foto Tangkap Layar GurindamTV
Anggota Komisi V DPR RI dari Fraksi Golkar Cen Sui Lan menuju lokasi longsor dengan menaiki Helikopter, di Serasan, Natuna, Kepri, pekan lalu. Foto: Tangkap Layar GurindamTV

G24NEWS.TV, JAKARTA – Anggota Komisi V DPR RI dari Fraksi Golkar Cen Sui Lan meligat langsung penanganan korban pasca-musibah longsor di Serasan, Natuna, Kepulauan Riau, pekan lalu.

Dalam akun media sosialnya, anggota legislatif dari daerah pemilikan Riau ini mengatakan kunjungan itu untuk memastikan bahwa Pemerintah akan segera merelokasi dan membangun rumah bagi para korban tanah longsor.

“Selain itu, Cen menegaskan akan terus mengawal penanganan musibah ini. Salah satunya memastikan dari sisi infrastruktur dan SAR,” jelasnya, seperti dikutip dari laman Facebook Cen Sui Lan, Senin (13/3/2023).

Langkah ini, ujarnya, sejalan dengan posisi Cen sebagai Anggota Komisi V DPR RI yang bermitra dengan Kementerian Pekerjaan Umun dan Perumahan Rakyat (PUPR), serta Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas).

Baca Juga  Kepala Daerah Maju jadi Caleg, Pelayanan Publik Jangan Sampai Terganggu

Pada kesempatan itu, dia juga mengajak masyarakat agar mendoakan saudara-saudara sebangsa di Serasan Natuna agar senantiasa diberikan kekuatan dan ketabahan menghadapi musibah ini.

Korban Meninggal 36 Jiwa

Berdasarkan data pencarian dan pertolongan per Jumat (10/3/2023), ada 36 jiwa yang meninggal dunia terdampak tanah longsor.

Sementara itu, masih ada 18 jiwa yang masih dalam pencarian. Sedangkan, sebanyak 1.216 warga masih mengungsi di empat titik.

Seperti diketahui, Cen Sui Lan juga merupakan Wakil Bendahara DPD Golkar Provinsi Kepualau Riau dan Wakil Ketia MKGR Provinsi Kepulauan Riau.

Cen Sui Lan melakukan kunjungan ke Serasan, Natuna bersama dengan Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy.

Baca Juga  [Catatan Ketua MPR RI] Indonesia Memilih Pemimpin Ketika Ketidakpastian Global Terekalasi

Ada juga Menteri Pekerjaan PUPR Basuki Hadimuldjono, Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Letjen TNI Suharyanto, serta Kepala Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Dwikorita Karnawati.

Pada kesempatan itu, Muhadjir juga mengatakan bahwa pemerintah akan mempersiapkan program relokasi bagi warga terdampak maupun yang berada di zona rawan tanah longsor.

“Akan ada program relokasi. Walaupun yang terkena langsung ini hanya 30 keluarga. Tetapi karena itu berada di zona merah, menurut BMKG, maka untuk sementara akan disediakan relokasi sekitar 100 rumah,” jelas Muhadjir, dalam keterangan tertulis di laman resmi BNPB.*

Penulis: Dharma Sastronegoro
Editor: Administrator G24News

banner 325x300