Nasional

Politisi Golkar Bamsoet Dukung Universitas Terbuka Bangun Kampus di Ibu Kota Nusantara

272
×

Politisi Golkar Bamsoet Dukung Universitas Terbuka Bangun Kampus di Ibu Kota Nusantara

Share this article
Ketua MPR RI dan Wakil Ketua Umum Partai Golkar Bambang Soesatyo memberikan sambutan dalam acara Advanced Training LK3 Badan Koordinasi HMI Jawa Barat secara virtual dari Jakarta, Senin (13/3/2023). Foto: Ist
Ketua MPR RI dan Wakil Ketua Umum Partai Golkar Bambang Soesatyo.

G24NEWS.TV ,JAKARTA – Ketua MPR RI Bambang Soesatyo mendukung langkah Universitas Terbuka membangun kampus di Ibu Kota Nusantara, di Kalimantan Timur.

Seperti diketahui, UT berencana membuka Kampus Unit Program Belajar Jarak Jauh Universitas Terbuka (UPBJJ UT) di IKN di atas lahan seluas 25 hektare.

“Rencana UT membangun Kampus UPBJJ UT di IKN diharapkan dapat memberikan kemudahan bagi masyarakat sekitar dalam menempuh pendidikan tinggi,” ujar Bamsoet, dalam keterangan tertulis di media sosialnya, Kamis (23/3/2023).

Hal ini disampaikannya dalam acara Sosialisasi Empat Pilar MPR RI dan Peluncuran Buku ‘PPHN Tanpa Amandemen’, di Universitas Terbuka Convention Center, Tangerang Selatan, Selasa (21/3/23) lalu.

Ketua DPR RI ke-20 yang merupakan Wakil Ketua Umum Partai Golkar ini menjelaskan selama 38 tahun perjalanannya, UT telah banyak menorehkan prestasi.

Baca Juga  Ini 4 Politisi Partai Golkar Mantan Kader HMI

Antara lain, Certificate of Quality dari International Council for Open and Distance Education (ICDE) atau Dewan Pendidikan Jarak Jauh Internasional yang berpusat di Oslo, Norwegia.

UT juga menjadi satu-satunya perguruan tinggi jarak jauh di Asia yang setiap tiga tahun mengundang ICDE untuk melakukan Quality Review.

Tujuannya memastikan UT telah menerapkan standar terbaik yang diterapkan oleh perguruan tinggi jarak jauh di dunia.

Sementara itu, jumlah mahasiswanya UT meningkat setiap tahun. Dari sekitar 40 ribu mahasiswa di setiap semester, menjadi sekitar 144 ribu pada penerimaan mahasiswa baru 2022/2023.

Jumlah total mahasiswa UT saat ini tercatat sekitar 340 ribu, ditargetkan segera mencapai 500 ribuan, serta meningkat terus hingga 1 juta mahasiswa.

Baca Juga  Politisi Golkar Evelinda Dorong Kaum Perempuan di Sumatra Barat Ikut Aktif Berpolitik

Pemerintah Diminta Perbanyak Beasiswa

Bamsoet mendorong Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi memperbanyak alokasi beasiswa bagi berbagai kalangan masyarakat.

Khususnya bagi yang kurang mampu, agar bisa menempuh pendidikan di UT, terutama di kampus UT yang nanti akan berada di IKN.

“Mengingat konsep pemerataan pendidikan tinggi yang diusung UT berupaya menjangkau yang tidak terjangkau, serta berkuliah tanpa terkendala jarak dan waktu,” ujarnya.

Kalimantan Timur diyakini akan menjadi pusat ekonomi baru di Indonesia, menyusul pemilihan provinsi itu sebagai pusat pemerintahan baru.*

Email Penulis: Nyomanadikusuma@g4news.tv
Editor: Lala Lala

banner 325x300