Olahraga

Peringatan HUT Proklamasi Kemerdekaan RI ke-78, Menpora RI Dorong Pemuda Jadi Generasi Kuat dan Berkualitas

192
×

Peringatan HUT Proklamasi Kemerdekaan RI ke-78, Menpora RI Dorong Pemuda Jadi Generasi Kuat dan Berkualitas

Share this article
Menpora RI Dito Ariotedjo memimpin upacara HUT Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia (HUT ke-78 RI) di halaman Graha Kementerian Pemuda dan Olahraga, Jakarta, Kamis (17/8/2023) pagi. Foto: Kemenpora
Menpora RI Dito Ariotedjo memimpin upacara HUT Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia (HUT ke-78 RI) di halaman Graha Kementerian Pemuda dan Olahraga, Jakarta, Kamis (17/8/2023) pagi. Foto: Kemenpora

G24NEWS.TV, JAKARTA – Menpora RI Dito Ariotedjo mengatakan para pemuda harus dapat melanjutkan perjuangan para pahlawan Indonesia dengan menjadi generasi yang kuat dan berkualitas.

Dengan demikian, jelasnya, pembagunan Indonesia akan bisa melaju cepat dan masyarakat akan semakin sejahtera.

“Jadi ini kita harus bisa mengartikan, bahwa walau kita harus melaju cepat, tetapi kita harus menjadi endurance. Yang penting pemuda dan olahraga harus makin maju,” ungkap Menpora, saat memimpin upacara HUT Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia (HUT ke-78 RI) di halaman Graha Kementerian Pemuda dan Olahraga, Jakarta, Kamis (17/8/2023) pagi.

Upacara ini diikuti unsur pimpinan dan semua pegawai di lingkungan Kemenpora RI yang mengenakan pakaian adat dari berbagai daerah di Indonesia.

Dimulai sekira pukul 07.00 WIB, dalam upacara ini dilakukan pengibaran Sang Saka Merah Putih, diikuti menyanyikan lagu Indonesia Raya.

Baca Juga  Juarai SEA VLeague 2023, Indonesia Bersiap Jadi Tuan Rumah Kejuaraan Dunia Bola Voli

Kemudian berlanjut pada pembacaan Pembukaan Undang-undang Dasar 1945 diikuti menyanyikan lagu Hari Merdeka, lantas mengheningkan cipta diiringi musik instrumental lagu Syukur.

Menpora Dito selepas upacara menuturkan, upacara hari ini dilakukan dengan hikmat.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, tetap menggunakan baju ragam budaya Indonesia. Dengan tema peringatan tahun ini adalah “Melaju untuk Indonesia Maju”.

“Artinya Kemenpora dengan semangat kemerdekaan yang sudah ada, fondasi yang sudah kita miliki, tetap harus melaju kencang namun menjaga endurance,” kata Menpora yang mengenakan pakaian adat Bali.

Menpora Dito menyampaikan, sesuai amanat Presiden RI Joko Widodo (Jokowi), setiap kementerian/lembaga pemerintahan harus bisa maraton menjalankan program-programnya.

Prinsip Olahraga Maraton

Hal ini sesuai dengan Kementerian Pemuda dan Olahraga yang identik dengan kegiatan maraton.

Menpora Dito sendiri mengaku sebuah kebanggaan dan kehormatan bisa memimpin upacara kemerdekaan di hadapan seluruh keluarga besar Kemenpora.

Baca Juga  Menpora Dito: Jangan Campurkan Politik dan Olahraga

Apalagi dalam upacara ini juga dilakukan pemberian penghargaan purnabakti kepada para pegawai Kemenpora yang telah pensiun dan juga Satyalancana Karya Satya kepada pegawai Kemenpora aktif.

“Jadi saya rasa hari ini sangat spesial bagi keluarga besar Kemenpora,” tegas Menpora Dito yang menyerahkan langsung penghargaan tersebut kepada para pegawai.

Dalam upacara ini juga dilakukan lomba pakaian adat berpasangan yang diikuti masing-masing deputi dan bagian di Kemenpora.

Para peserta lomba memeragakan busana adat dari berbagai daerah di Indonesia di hadapan Menpora Dito.

Selain itu juga dilakukan pengumuman serta penyerahan hadiah kepada para juara lomba-lomba memperingati HUT Kemerdekaan ke-78 RI di Kemenpora yang sudah digelar sejak Senin (14/8/2034) lalu.

banner 325x300