Internasional

Peringatan Hari Hutan Sedunia

289
×

Peringatan Hari Hutan Sedunia

Share this article
Hutan
Hutan (Foto by: KLHK)

G24NEWS.TV, JAKARTA — Hari Hutan Sedunia atau World Forestry Day diperingati setiap 21 Maret, yang mulai diresmikan PBB pada 2012. Tema yang diusung PBB tahun ini adalah “Forests and Health“.

Peringatan Hari Hutan Sedunia bertujuan untuk meningkatkan kesadaran tentang pentingnya pohon dan hutan bagi kelangsungan makhluk hidup, termasuk manusia. Negara-negara di dunia didorong melakukan berbagai tindakan dan upaya lokal, nasional dan internasional untuk mengatur kegiatan yang melibatkan hutan dan pohon, diantaranya melalui kampanye penanaman pohon.

Selain itu, peringatan ini menjadi sarana untuk mengedukasi berbagai pihak untuk menjaga kelestarian hutan serta satwa liar.

Baca Juga  Muhidin Said berharap Peran JICA Dalam Pembangunan Indonesia Meningkat

Berdasarkan laporan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (Kemen LHK), total luas kawasan hutan di Indonesia mencapai 125,76 juta hektare (ha) pada 2022. Angka tersebut setara dengan 62,97% dari luas daratan Indonesia yang sebesar 191,36 juta ha.

Secara rinci, kawasan hutan di Indonesia terdiri dari kawasan hutan daratan dan perairan. Kawasan hutan daratan seluas 120, 47 juta ha dan kawasan perairan seluas 5,32 juta ha.

Baca Juga  Mantan Presiden Filipina Gloria Macapagal Arroyo akan Hadir di Golkar Institute, Bicara Soal Kepemimpinan ASEAN 

Dedi Mulyadi dan Komitmen Penanganan Kejahatan Lingkungan dan Hutan

Pada 2022,Politisi Partai Golkar Dedi Mulyadi mendorong pemerintah untuk membentuk lembaga khusus yang menangani kejahatan lingkungan dan hutan di Indonesia. Ia bahkan menyebutkan kejahatan lingkungan dan hutan adalah kejahatan kemanusiaan.

“Kejahatan hutan dan lingkungan adalah kejahatan kemanusiaan yang lebih jahat dari terorisme,” kata Dedi dikutip dalam keterangan tertulis, (15/6/2022).

Dedi menegaskan perlunya tindakan tegas dari Pemerintah terhadap segala bentuk kejahatan mengingat perbuatan tersebut akan menyulitkan generasi mendatang.

banner 325x300