Nasional

Airin Rachmi Tekankan Peran Perempuan Dalam Sektor Ekonomi Kreatif

54
×

Airin Rachmi Tekankan Peran Perempuan Dalam Sektor Ekonomi Kreatif

Share this article
Ketua Umum Pimpinan Pusat Kesatuan Perempuan Partai Golkar (PP KPPG) dan Ketua Tim Kampanye Daerah (TKD) Prabowo-Gibran untuk wilayah Provinsi Banten, Airin Rachmi Diany. Foto: IG airinrachmidiany
Airin Rachmi Tekankan Peran Perempuan Dalam Sektor Ekonomi Kreatif

G24NEWS.TV, JAKARTA Ketua Pimpinan Pusat Kesatuan Perempuan Partai Golkar (KPPG), Airin Rachmi Diany, menyatakan bahwa peningkatan peran perempuan dalam pengembangan sektor ekonomi kreatif penting untuk dilakukan.

Hal ini dinilai akan berdampak positif terhadap pertumbuhan ekonomi, kesejahteraan masyarakat, dan pemberdayaan perempuan.

“Perempuan (pada sektor ekonomi kreatif) memiliki memiliki potensi yang besar untuk menciptakan ide-ide kreatif dan inovatif dengan bekerja sama dan kolaborasi yang baik,” kata Airin, Rabu (17/1/2024).

Diketahui, berdasarkan data Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf), pada tahun 2022, jumlah perempuan yang bekerja di sektor ekonomi kreatif mencapai 54% dari total pekerja, sehingga menjadikan perempuan sebagai tulang punggung dari sektor ekonomi kreatif di Indonesia.

Baca Juga  Dave Laksono Pastikan Partai Golkar Solid

Lanjut Airin, perempuan yang bekerja di sektor ekonomi kreatif dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat, terutama bagi keluarga mereka.

“Menambah pendapatan keluarga melalui usaha ekonomi kreatif yang dijalankan,” ujarnya.

Di sisi lain, dapat menciptakan lapangan kerja baru bagi masyarakat serta membantu mengurangi angka pengangguran, terutama di kalangan perempuan.

Airin menyebut, perempuan juga berperan penting dalam pelestarian budaya melalui berbagai subsektor ekonomi kreatif, mulai dari kuliner, fashion, kriya, musik, film, seni, hingga desain.

Baca Juga  Ini Tips Lolos Seleksi Kartu Prakerja Gelombang 49, Pelajari Ya 

“Peran perempuan dalam pengembangan ekonomi kreatif perlu terus didukung dan ditingkatkan. Hal ini dapat dilakukan melalui berbagai kebijakan dan program yang mendorong pemberdayaan perempuan di sektor ekonomi kreatif,” imbuhnya.

Email: DharmaSastronegoro@G24.News

Editor: Lala Lala

banner 325x300