Legislator Golkar Tekankan Pentingnya Perlindungan Pekerja Migran Indonesia

41
×

Legislator Golkar Tekankan Pentingnya Perlindungan Pekerja Migran Indonesia

Share this article
Legislator Golkar Tekankan Pentingnya Perlindungan Pekerja Migran Indonesia
Legislator Golkar Tekankan Pentingnya Perlindungan Pekerja Migran Indonesia

G24NEWS.TV, JAKARTA – Anggota Komisi IX DPR RI Fraksi Partai Golkar Jambi, Saniatul Lativa mengatakan, peran masyarakat sangat penting dalam program penempatan dan perlindungan Pekerja Migran Indonesia saat ini.

Menurutnya, pekerja migran Indonesia memiliki kontribusi besar terhadap perekonomian negara.

Namun, pekerja migran Indonesia juga membutuhkan dukungan dari berbagai pihak untuk membantunya.

Saniatul Lativa mengungkapkan, dukungan tersebut tidak hanya dari pemerintah saja tetapi dari berbagai lapisan masyarakat guna mengoptimalkan penempatan dan perlindungan bagi para pekerja migran.

“Pelindungan Pekerja Migran Indonesia adalah segala upaya untuk melindungi kepentingan calon pekerja migran indonesia atau Pekerja Migran Indonesia dan keluarganya dalam mewujudkan pemenuhan haknya untuk keseluruhan kegiatan, sebelum bekerja, selama bekerja, dan setelah bekerja dalam aspek hukum, ekonomi,” jelasnya.

Saniatul Lativa mengatakan, peran masyarakat dalam perlindungan Pekerja Migran Indonesia sangat penting dan krusial.

“Berbagai upaya dapat dilakukan seperti masyarakat dapat memberikan pemahaman tentang resiko dan peluang kerja diluar negeri. Kemudian dapat menggelar pelatihan dan pengembangan keterampilan,” ujarnya.

“Memberikan dukungan dan advokasi hak-hak pekerja. Turut memantau efektivitas program perlindungan pekerja migran. Bahkan setelah kembali ke tanah air masyarakat dapat memberikan dukungan sosial dan bimbingan reintegrasi akan memastikan bahwa pekerja migran dapat dengan sukses beradaptasi kembali dengan masyarakat setempat,” sambungnya.

Peran pemerintah saja tidak cukup, kata Saniatul Lativa. Guna memastikan penempatan dan perlindungan pekerja migran indonesia tetapi juga perlu dukungan dari masyarakat.

“Dukungan masyarakat menciptakan lingkungan yang mendukung, melibatkan advokasi hak-hak pekerja migran, serta membantu dalam proses reintegrasi, menjadikannya faktor penting dalam menjamin kesejahteraan dan keberhasilan pekerja migran Indonesia,” pungkasnya.

Email: DharmaSastronegoro@G24.News

Editor: Lala Lala

banner 325x300