Nasional

Pengumuman SNBP 2023, Ini Cara Mengetahui Hasil SNBP Lewat Handphone

252
×

Pengumuman SNBP 2023, Ini Cara Mengetahui Hasil SNBP Lewat Handphone

Share this article
Siswa pelajar
Siswa

G24NEWS.TV, JAKARTA – Pengumuman hasil Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) akan dilakukan pada 28 Maret 2023, simak cara mengetahui hasil seleksi melalui handphone.

SNBP 2023 sendiri merupakan jalur pertama yang dibuka dalam Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB) 2023. Sementara itu, untuk Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT), pendaftarannya sudah dibuka per hari kamis (23/3/2023).

Dalam SNBP, para siswa akan melakukan seleksi berdasarkan prestasi para peserta atas nilai rapor dan prestasi akademik maupun non akademik. Berikutnya, selesai SNBP diumumkan, maka seleksi nasional lain yang memungkinkan diikuti siswa adalah Seleksi Nasional Berdasarkan Tes atau UTBK SNBT 2023.

Selama SNBP 2023, terdapat 867.341 siswa yang dinyatakan layak dan memenuhi syarat pendaftaran SNBP. Akan tetapi, hanya ada sekitar 130.563 calon mahasiswa atau mahasiswi yang dapat diterima melalui jalur ini.

Oleh sebab itu, pengumuman SNBP 2023 menjadi sangat penting dan ditunggu-tunggu bagi siswa SMA, MA, SMK hingga paket C sederajat. Jika siswa atau siswi tidak lolos SNBP, maka siswa atau siswi tersebut bisa mendaftar UTBK SNBT.

Baca Juga  KPK Ingatkan Caleg Terpilih Wajib Serahkan Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara

Sebelum hasil SNBP dipublikasikan ketahui dulu cara untuk mengecek pengumuman SNBP 2023:

Cara mengecek pengumuman SNBP 2023, bias melalui handphone (hp) atau laptop dengan cara:

  1. Klik laman atau website resmi https://snpmb.bppp.kemdikbud.go.id/
  2. Kemudian klik portal SNPMB
  3. Klik login, isi email dan password
  4. Pada laman SNPMB, nanti akan muncul tombol untuk melihat hasil seleksi.
  5. Nanti akan muncul data dari dan keterangan apakah lolos atau tidak. Mengacu pada tahun sebelumnya, jika lolos maka terdapat tulisan “Selamat Kamu Lulus SNBP” dan kamu bisa ke tahap selanjutnya.

Selanjutnya apabila dalam data diri kamu dinyatakan tidak lolos, akan muncul tulisan yang menerangkan anda tidak lolos SNBP.

Cara daftar UTBK SNBT 2023

Jika kamu dinyatakan tidak lolos maka pilihanmu selanjutnya adalah mendaftar UTBK SNBT 2023 ataupun jalur mandiri. Berikut cara daftar UTBK SNBT:

  1. Registrasi Akun SNBT

  • Wajib bagi semua calon pendaftar UTBK-SNBT menggunakan NISN, NPSN, dan Tanggal Lahir di laman https://portal-snpmb.bppp.kemdikbud.go.id.
  1. Login

  • Menggunakan akun SNPMB di https://portal-snpmb.bppp.kemdikbud.go.id.
  1. Memilih Menu Verifikasi dan Validasi Data

  • Mengisi dan melengkapi biodata, unggah pas foto berwarna terbaru, dan verifikasi biodata serta unduh dan unggah pernyataan tuna netra/low vision
  1. Memilih Menu Pendaftaran UTBK-SNBT

  • Memilih Program Studi, Mengunggah Portofolio
  • Memilih Pusat UTBK PTN, dan memperoleh Slip Pembayaran Biaya UTBK
  1. Membayar biaya UTBK

  2. Mencetak Kartu Peserta UTBK-SNBT

  • Login ke laman https://portal-snpmb.bppp.kemdikbud.go.id memilih menu pendaftaran UTBK-SNBT untuk unduh Kartu Peserta UTBK
Baca Juga  Polri Tahan Seorang Karyawan KAI Terduga Teroris Inisial DE

Demikianlah informasi tata cara mengecek pengumuman SNBP 2023. Bagi siswa atau siswi yang tidak lolos jangan bersedih dahulu, karena masih ada kesempatan untuk mendaftar UTBK SNBT atau jalur mandiri 2023. Semoga bermanfaat guys.

banner 325x300