Nasional

Pengamat Politik Sebut Peluang Airlangga Hartarto di Pilpres Besar

164
×

Pengamat Politik Sebut Peluang Airlangga Hartarto di Pilpres Besar

Share this article
Ketua Umum DPP Partai Golkar Airlangga Hartarto. Foto: Ist
Ketua Umum DPP Partai Golkar Airlangga Hartarto. Foto: Ist

G24NEWS.TV, JAKARTA – Pengamat ekonomi dan politik Universitas Pamulang, Syam Batubara, mengatakan peluang Airlangga Hartarto pada Pilpres 2024 mendatang sangat besar.

Hal ini mengingat, konstelasi politik pada saat itu akan berbeda dibandingkan dengan pilpres sebelumnya.

Adapun orientasi pemilih akan beralih pada kemampuan figur dalam mengatasi masalah perekonomian nasional pada masa lima tahun mendatang.

Hal ini mengingat selama kurun waktu setelah terjadinya Pandemi Covid-19, kondisi perekonomian Indonesia sangat tidak menggembirakan.

“Untuk itu dibutuhkan seorang figur yang mampu membangkitkan kondisi perekonomian nasional. Kemampuan itu ada pada Airlangga,” ujarnya di Jakarta, Rabu (19/7/2023).

Syam menegaskan, sangat tepat apabila hasil Jajak Pendapat CNN, yang menempatkan Partai Golkar di posisi pertama.

Begitu juga Ketua Umum Partai Golkar, Airlangga Hartarto, sebagai figur yang teratas dipilih oleh responden.

Begitu pula jika ditempatkan berpasangan dengan tokoh-tokoh nasional lainnya.

Selain kapasitas Airlangga yang mumpuni untuk memimpin Indonesia pada 2024-2029 mendatang, posisi Partai Golkar yang akan berada di posisi pertama tidak diragukan lagi.

Pasalnya, Golkar merupakan gudangnya kader-kader nasional yang berkualitas pada semua lini pemerintahan.

Baca Juga  Tanggul Sungai Wulan dan Sungai Jratun Jebol, Demak Dilanda Banjir

“Partai Golkar mempunyai kualitas SDM yang sangat baik apabila dibandingkan dengan partai yang lain, sehingga Airlangga Hartarto dan Partai Golkar yang menurut Hasil Jajak Pendapat CNN berada di posisi teratas tidak perlu diragukan,” katanya.

Survei bertema Mengukur Preferensi Publik terhadap Parpol dan Tokoh Terhadap Dinamika Politik Nasional itu, dilakukan terhadap 2080 responden terpilih para responden berusia di atas 17 tahun, dan tersebar secara proposional di 34 provinsi di seluruh Indonesia sesuai dengan rencana data pemilih pada Pemilu 2024.

Penarikan sampel yang dijadikan responden dalam penelitian ini menggunakan metode multistage random sampling dengan tingkat kepercayaan 95 persen dan memiliki margin of error -/+ 2,1 persen.

Penelitian dilakukan dengan wawancara tatap muka sejak 27 Juni sd 12 Juli 2023.

Sementara itu, Citra Nasional Network (CNN) membeberkan hasil penelitian terkait latar belakang tokoh politik yang paling disukai masyarakat untuk menjadi calon Presiden dan Wakil Presiden pada Pilpres 2024.

Dalam survei ini dilakukan simulasi 3 nama pasangan Capres-Cawapres dengan diberikan pertanyaan tertutup kepada responden untuk memilih salah satu pasangan Capres-Cawapres jika pilpres digelar hari ini, maka didapati tingkat keterpilihan pasangan Prabowo Subianto-Ganjar Pranowo sebanyak 33,6 persen, kemudian Airlangga Hartarto-Mahfud MD 34,1 persen dan Anies Baswedan-Gatot Nurmantyo 27,6 persen.

Baca Juga  Kemenag Minta Kesehatan Jemaah Haji Tetap Dipantau

Sementara hasil keterpilihan dari simulasi 4 pasangan Capres-Cawapres diperoleh tingkat keterpilihan untuk pasangan Airlangga Hartarto-Khofifah Indar Parawansa sebanyak 27,3 persen, diurutan kedua pasangan Prabowo Subianto-Erick Thohir sebanyak 26,3 persen pasangan, Ganjar Pranowo-Sandiaga Uno 25,9 persen dan pasangan Anies Baswedan-Agus Harimurti Yudhoyono 12,6 persen.

Hasil pilihan parpol jika Pemilu digelar hari ini, Golkar, PDIP dan Gerindra merajai posisi tiga besar di mana Tingkat keterpilihan Golkar sebesar 17,3 persen, PDIP 16,9 persen, Gerindra 16,7 persen, PKB 10,7 persen, Nasdem 9,3 persen Demokrat 8,1 persen, PKS 7,2 persen PPP 2,9 persen PAN 1,9 persen dan parpol lainya di bawah 1 persen dan tidak memilih sebanyak 9,8 persen.

Email: DharmaSastronegoro@G24.News
Editor: Lala Lala

 

banner 325x300