Politik

Pengamat: Hak Angket Salah Satu Wujud Anggota DPR RI Kerja

45
×

Pengamat: Hak Angket Salah Satu Wujud Anggota DPR RI Kerja

Share this article
Ilustrasi DPR RI. Foto: Ist
Ilustrasi DPR RI. Foto: Ist

G24NEWS.TV, JAKARTA – Pengamat politik Universitas Andalas Padang Asrinaldi mengemukakan hak angket merupakan salah satu wujud bahwa anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI bekerja untuk rakyat.

“Ya hak angket ini membangun kepercayaan barulah bahwa sebenarnya DPR menyuarakan aspirasinya masyarakat,” kata Asrinaldi saat dihubungi ANTARA di Jakarta, Selasa (27/2/2024).

Menurut Asrinaldi, upaya hak angket muncul dari banyaknya keresahan masyarakat soal kebijakan yang harus disampaikan kepada pihak pemerintah, dalam hal ini eksekutif.

Keresahan itu dilihat oleh DPR, kemudian disuarakan kepada pemerintah melalui beberapa jalur, salah satu jalan yang bisa digunakan adalah hak angket.

Baca Juga  Jubir TKN Pastikan Bocoran Nama Kabinet Prabowo-Gibran Hoaks

“Dengan adanya hak angket, pemerintah merasa diawasi dalam penyelenggaraan pemerintah oleh DPR. Kedua, ini membuktikan kepada masyarakat bahwa DPR bekerja dan bukan bagian dari pemerintah,” kata dia, seperti dilansir dari Antara.

Dalam hal ini, isu hak angket yang sedang bergulir di DPR adalah tentang dugaan kecurangan Pemilihan Umum 2024.

Menurut Asrinaldi, apa pun hasil yang keluar dari hak angket tidak akan mengubah hasil dari pemilu.

Namun demikian, hasil hak angket bisa dipakai sebagai pandangan legislatif kepada kinerja pemerintah.

Hasil hitung sementara Komisi Pemilihan Umum (KPU) menunjukkan pasangan capres-cawapres nomor urut 2 Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka mengantongi perolehan suara 58,84 persen.

Baca Juga  Ahmad Doli Kurnia Minta Bawaslu dan KPU Sumut Intensifkan Koordinasi Jelang Pemilu 2024

Di posisi dua ada pasangan calon nomor urut 1 Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar dengan perolehan suara sebanyak 24,46 persen dan pasangan calon nomor urut 3 Ganjar Pranowo-Mahfud Md dengan perolehan suara 16,7 persen di posisi terakhir.

Hasil hitung sementara itu dikutip dari situs resmi KPU https://pemilu2024.kpu.go.id/ pada Selasa pukul 13.34 WIB.

Seturut Peraturan KPU Nomor 3 Tahun 2022, rekapitulasi suara nasional Pemilu 2024 dijadwalkan berlangsung mulai 15 Februari sampai 20 Maret 2024.

Email: Nyomanadikusuma@G24 News
Editor: Lala Lala

banner 325x300