Ekonomi

Penerbangan Perintis Penumpang dari Bandara Djalaluddin Gorontalo Mulai Beroperasi

49
×

Penerbangan Perintis Penumpang dari Bandara Djalaluddin Gorontalo Mulai Beroperasi

Share this article
Ilustrasi Pesawat/Photo by Daniel Kist: https://www.pexels.com/photo/white-airplane-under-black-clouds-70955/
Pesawat

G24NEWS.TV, JAKARTA – Penerbangan subsidi angkutan udara perintis penumpang dari Bandar Udara (Bandara) Djalaluddin di Kabupaten Gorontalo menuju bandara di Kabupaten Pohuwato, Provinsi Gorontalo, resmi beroperasi.

Peresmian itu tersebut ditandai upacara adat sebelum pesawat tipe DHC-6 Twin Otter maskapai SAM Air lepas landas, yang diikuti oleh Penjabat Gubernur Ismail Pakaya di landasan pacu Bandara Djalaluddin, Kabupaten Gorontalo, Minggu (17/2/2024).

Kepala Bandara Djalaludin Gorontalo Joko Harjani mengatakan, penerbangan perintis koordinator wilayah Gorontalo tersebut melayani sembilan rute di Provinsi Gorontalo, Sulawesi Utara dan Sulawesi Tengah.

Baca Juga  Di APEC 2022, Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto Ajukan 3 Langkah Atasi Krisis Ekonomi Global

Khusus Gorontalo mengambil empat rute yakni Djalaluddin – Pohuwato, Djaluddin – Pogogul Buol, Djalaluddin – Bolaang Mongondow, serta Pohuwato – Mutiara Sis Al-Jufri Palu. Frekuensi penerbangan dua kali seminggu.

Untuk area dua Sulawesi Utara yaitu Bandara Sam Ratulangi – Bandara Bolaang Mongondow, Siau – Sam Ratulangi, Naha Tahuna – Siau, Naha Tahuna – Miangas, Miangas – Melonguane dengan frekuensi penerbangan satu kali seminggu.

“Penerbangan subsidi ini ditargetkan dalam satu kali penerbangan dapat melayani 15 orang penumpang,” kata dia, seperti dilansir dari Antara.

Joko berharap operator penerbangan yang akan melaksanakan subsidi angkutan udara perintis yaitu pihak SAM Air, dapat melaksanakan penerbangan sesuai dengan jadwal dan selalu memprioritaskan aspek keselamatan dan keamanan.

Baca Juga  Hemat APBN, Puteri Komarudin Dukung Konsolidasi Belanja Pemerintah

Mengenai tarif kata Joko, telah ditetapkan oleh Direktorat Perhubungan Udara berdasarkan rute, misalnya dari Gorontalo ke Pohuwato tarifnya Rp244.370. Sedangkan dari Pohuwato ke Gorontalo Rp205.370. Untuk Pohuwato – Palu sendiri tarifnya Rp479.540 sementara Palu – Pohuwato Rp519.540.

Email: Nyomanadikusuma@G24 News
Editor: Lala Lala

banner 325x300