Pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 56 Kapan Dibuka? Ini Persyaratan Lengkapnya

370
×

Pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 56 Kapan Dibuka? Ini Persyaratan Lengkapnya

Share this article
Kartu Prakerja Gelombang 56 2023
Kartu Prakerja Gelombang 56 2023

G24NEWS.TV, JAKARTA – Sampai sekarang ini banyak masyarakat yang mencari informasi perihal kapan dibuka Kartu Prakerja Gelombang 56, kapan dibuka pendaftaran Kartu Prakerja 2023, dan cara login dashboard prakerja.go.id, serta cek hasil seleksi.

Kalian harus mengetahui pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 56 kapan dibuka, yuk login dashboard melalui www.prakerja.go.id. Program Kartu Prakerja yang resmi diluncurkan oleh pemerintah Indonesia saat ini telah memasuki tahun kelima sejak pertama kali diresmikan pada tahun 2020.

Pada tahun 2023 ini, program ini telah mengalami perubahan cukup signifikan yang menggambarkan penekanan yang lebih besar pada peningkatan keahlian peserta dibandingkan dengan insentif tunai.

Mulanya, Kartu Prakerja dimaksudkan sebagai sebuah program yang ditujukan untuk melatih dan meningkatkan keterampilan individu, khususnya bagi mereka yang baru memasuki dunia kerja atau individu yang terkena PHK serta individu yang sedang mencari pekerjaan baru.

Akan tetapi, pada saat diluncurkannya hingga tahun 2022, program ini lebih banyak difungsikan sebagai program semi bantuan sosial, dimana peserta akan mendapatkan insentif tunai sebanyak Rp 2,4 juta, dan insentif pelatihan sebesar Rp 1 juta.

Baca Juga  Pengumuman Kartu Prakerja Gelombang 50 Buka Tanggal Ini, Simak Jadwal dan Cara Lolos Seleksi

Perubahan yang terjadi pada tahun 2023, mencerminkan visi awal dari program ini. Kini, peserta Kartu Prakerja akan menerima insentif pelatihan yang lebih besar, yaitu Rp 3,6 juta, sementara insentif tunai yang diterima hanya sebesar Rp 600 ribu.

Dengan jumlah insentif sebesar Rp 4,2 juta, program ini jelas sangat menekankan pentingnya peningkatan keterampilan dan pelatihan bagi setiap pesertanya.

Dengan peningkatan insentif pelatihan ini, peserta Kartu Prakerja lebih memiliki kesempatan yang besar untuk mengakses kursus dan pelatihan yang lebih bermutu dan beragam.

Berdasarkan keterangan yang diberikan manager PMO Kartu Prakerja, terdapat kuota gratis bagi 10.000 peserta yang berhasil lolos pada program Kartu yang dibuka pada tahun 2023 ini.

Berikut syarat lengkap daftar Kartu Prakerja:

  • WNI berusia 18 tahun ke atas
  • Tidak sedang menempuh pendidikan formal.
  • Sedang mencari kerja, pekerja/buruh yang terkena PHK, atau pekerja/buruh yang membutuhkan peningkatan kompetensi kerja, seperti pekerja/buruh yang dirumahkan dan pekerja bukan penerima upah, termasuk pelaku usaha mikro & kecil.
  • Bukan penerima bantuan sosial lainnya selama pandemi COVID-19.
  • Bukan Pejabat Negara, Pimpinan dan Anggota DPRD, ASN, Prajurit TNI, Anggota Polri, Kepala Desa dan perangkat desa dan Direksi/Komisaris/Dewan Pengawas pada BUMN atau BUMD.
  • Maksimal 2 NIK dalam 1 KK yang menjadi Penerima Kartu Prakerja.
Baca Juga  Kapan Pendaftaran Kartu Prakerja 2023 Buka? Simak Penjelasan Menko Airlangga Hartarto 

Lalu, kapan Kartu Prakerja Gelombang 56 dibuka?

Berlandaskan kebijakan Kartu Prakerja, akan dibuka 2 minggu sekali pada hari Jumat tiap pukul 12.00 WIB. Artinya pendaftaran akan segera dibuka pada pekan depan.

Pihak panitia saat ini telah memperbaharui laman dashboard prakerja.go.id menjadi situs yang lebih interaktif dan tidak monoton bagi penggunanya.

banner 325x300