Daerah

Ridwan Kamil Sebut Pemotongan Kurban di Masjid Salman ITB Bisa Jadi Percontohan

323
×

Ridwan Kamil Sebut Pemotongan Kurban di Masjid Salman ITB Bisa Jadi Percontohan

Share this article
Ridwan Kamil Sebut Pemotongan Kurban di Masjid Salman ITB Bisa Jadi Percontohan
Ridwan Kamil Sebut Pemotongan Kurban di Masjid Salman ITB Bisa Jadi Percontohan

G24NEWS.TV, JAKARTA –  Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menyebut pelaksanaan pemotongan kurban di Masjid Salman ITB bisa menjadi percontohan karena prosesnya berjalan dengan baik dan profesional.

Hal itu disampaikan saat meninjau proses pemotongan hewan kurban di Masjid Salman ITB, Jalan Ganeca, Kota Bandung, Kamis (29/6/2023).

Hal itu dilakukan usai salat Iduladha di Masjid Raya Al Jabbar dan menyerahkan kurban sapi simmental 980 kilogram kepada Lurah Cimincrang.

“Yayasan Pembina Masjid Salman ini menjadi percontohan, tidak semua tempat seprofesional ini, sehingga ini bisa jadi contoh masjid-masjid yang punya halaman luas juga melakukan proses prosedur yang hieginis sesuai syariat,” ucap Ridwan Kamil.

Tak hanya itu, Ridwan Kamil juga mengapresiasi sistem yang dimiliki oleh Masjid Salman terkait penerima daging kurban yang memang tepat sasaran kepada yang membutuhkan.

Apabila hal itu dilakukan juga oleh masjid lainnya di Jabar maka kemakmuran akan dirasakan seperti halnya Masjid Salman.

“Sehingga suatu hari masjid-masjid makmur dan yang terpenting juga distribusinya harus tepat sasaran. Itulah kenapa pentingnya big data.  Mereka-mereka yang membutuhkan jauh dari tempat sembelih tetap kita berikan sesuai hak syariat,” kata Ridwan Kamil.

Baca Juga  Ridwan Kamil Perbanyak Transportasi Massal Modern dan Nyaman di Jawa Barat

Menurut Gubernur, proses pemotongan hewan kurban di Masjid Salman meningkat dibanding tahun lalu. Hal itu menandakan bahwa ekonomi umat muslim di Jabar membaik.

“Iduladha sekarang terjadi peningkatan luar biasa jumlah yang berkurban makin banyak selisih yang berkurban dengan tahun lalu terjadi peningkatan Rp152 miliar, zakat juga meningkat dari Rp2,4 triliun ke Rp3,7 triliun. Menandakan ekonomi umat (muslim) sedang luar biasa. Nah diwakili oleh sibuknya Masjid Salman ini menerima kurban dari mereka yang menitipkan,” pungkasnya.

Gubernur juga salat Iduladha di Masjid Raya Al Jabbar menemani ribuan warga dari berbagai daerah di Jabar, Kamis (29/6/2023).

Selepas salat Id, Ridwan Kamil yang didampingi istrinya Atalia Praratya menyerahkan satu ekor sapi berjenis ras simmental dengan bobot 980 kilogram kepada Lurah Cimincrang, Kecamatan Gedebage, Kota Bandung, untuk dikorbankan.

“Kami menghaturkan selamat atas kelancaran dalam pelaksanaan ibadah Idul Kurban dan Iduladha mudah-mudahan semangat pengorbanan Nabi Ibrahim AS, Nabi Ismail AS menyertai hikmah perjalanan hidup kita untuk selalu berkorban demi kemuliaan,” ucap Ridwan Kamil.

Baca Juga  Kisah Gereja Ibu Teresa Cikarang: Setelah 18 Tahun Berjuang, Baru Kini Peroleh Izin 

Menurut Gubernur,  kurban tahun ini meningkat. Ini menjadi bukti bahwa ekonomi umat Islam di Jabar membaik dibanding tahun lalu.

“Ekonomi umat Islam Jabar yang jumlahnya 46 juta meningkat pesat, terjadi kenaikan jumlah nilai kurban meningkat dibanding tahun lalu sekitar Rp152 miliar perbedaannya. Kemudian juga zakat yang dikelola 2022 sekitar Rp2,4 triliun, sekarang (2023) baru sampai Juli sudah Rp3,2 triliun,” sebut Ridwan Kamil.

“Sehingga diprediksi di akhir Desember akan terdapat pengumpulan dana zakat yang dikelola (Baznas) senilai Rp3,7 triliun,” tambah Ridwan Kamil.

Gubernur menilai pertumbuhan ekonomi keumatan yang meningkat di tahun ini menandakan perekonomian umat Islam di Jabar sudah kembali pulih pasca- COVID-19.

“Nah , dua angka (tadi) menunjukkan ekonomi sudah pulih, jumlah muzakki orang-orang yang membayar zakat juga meningkat, menandakan di Jabar alhamdulillah banyak berita baik,” tuturnya.

Email: DharmaSastronegoro@G24.News
Editor: Lala Lala

banner 325x300