Politik

Pemkab Gunung Mas Diminta Gencar Lakukan Sosialisasi Beasiswa KGP

235
×

Pemkab Gunung Mas Diminta Gencar Lakukan Sosialisasi Beasiswa KGP

Share this article
Ketua Komisi III DPRD Kabupaten Gunung Mas, Kalimantan Tengah, Iceu Purnamasari meminta pemerintah kabupaten agar gencar melakukan sosialisasi persyaratan penerima beasiswa Kartu Gunung Mas Pintar (KGP)
Ketua Komisi III DPRD Kabupaten Gunung Mas, Kalimantan Tengah, Iceu Purnamasari meminta pemerintah kabupaten agar gencar melakukan sosialisasi persyaratan penerima beasiswa Kartu Gunung Mas Pintar (KGP). foto: ist

G24NEWS.TV – KUALA KURUN – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gunung Mas diminta gencar melakukan sosialisasi beasiswa Kartu Gunung Mas Pintar (KGP).

“Persyaratan penerima beasiswa KGP itu seperti apa. Ini Harus gencar disosialisasikan,” kata Ketua Komisi III DPRD Kabupaten Gunung Mas, Kalimantan Tengah, Iceu Purnamasari.

Menurut Iceu, masih banyak dijumpai masyarakat yang belum mengetahui secara rinci syarat-syarat penerima beasiswa KGP.

Minimnya sosialisasi itu menurut dia, ditemukan saat pelaksanaan reses kelompok di daerah pemilihan I pada akhir Januari 2023 lalu.

“Tepatnya di Kecamatan Sepang. Masih ada yang belum mengetahui secara rinci syarat-syarat penerima beasiswa KGP itu,” sambung Iceu dikutip dari siaran persnya, Sabtu (11/3/2023) di Kuala Kurun.

Saat itu kata dia, ada masyarakat yang menanyakan terkait syarat penerima beasiswa KGP. Penerima beasiswa harus kelahiran Gunung Mas.

Baca Juga  Nobar Film Kejarlah Janji KPU Raih Rekor MURI

DPRD Gunung Mas beserta perwakilan perangkat daerah terkait langsung meluruskan kesalahan informasi tersebut.

Syarat Memperoleh KGP

Pada dasarnya kata dia, KGP adalah bantuan biaya pendidikan untuk pemenuhan kebutuhan dasar dalam bidang pendidikan. Diberikan secara personal berupa kartu kepada peserta didik dari keluarga tidak mampu.

Peserta didik yang dimaksud mulai jenjang Sekolah Dasar (SD) sederajat, Sekolah Menengah Pertama (SMP) sederajat, dan Sekolah Menengah Atas (SMA) sederajat.  KGP disediakan pemerintah daerah bekerja sama dengan salah satu bank.

Adapun persyaratan untuk memperoleh KGP lanjut dia, yakni masuk dalam kategori keluarga tidak mampu yang terdaftar di Basis Data Terpadu (BDT). Sebagai siswa aktif yang terdaftar di sistem data pokok pendidikan.

Baca Juga  PKD Diminta Telusuri Sampai Tingkat RT dan RW

Kemudian, memiliki surat keterangan tidak mampu, serta berdomisili dan memiliki kartu keluarga Gunung Mas.

“Jadi syaratnya itu berdomisili dan memiliki kartu keluarga Gunung Mas. Bukan kelahiran Gunung Mas. Ini yang harus diluruskan di masyarakat,” kata politisi Partai Golkar ini.

Berkaca dari hal tersebut, dia meminta Pemkab Gunung Mas melalui perangkat daerah terkait agar gencar menyosialisasikan syarat-syarat penerima beasiswa KGP. Supaya tidak terjadi kesalahan informasi di tengah masyarakat.

Nantinya DPRD Gunung Mas juga akan ikut menyosialisasikan syarat-syarat penerima beasiswa KGP kepada masyarakat. Dengan demikian kata dia, KGP tepat sasaran dan tidak ada generasi muda Gunung Mas yang putus sekolah karena kekurangan biaya. *

Penulis: Dharma Sastronegoro
Editor: Administrator G24News

banner 325x300