DaerahHeadlineNasionalVideo

Pemerintah Bangun 200 Unit Rumah Tahan Gempa di Cianjur untuk Relokasi Korban

284
×

Pemerintah Bangun 200 Unit Rumah Tahan Gempa di Cianjur untuk Relokasi Korban

Share this article
pemerintahbangununitrumah
pemerintah-bangun-200-unit-rumah

G24NEWS.TV, CIANJUR – Presiden Joko Widodo didampingi Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto meninjau langsung pembangunan rumah tahan gempa di Desa Sirnagalih, Kecamatan Cilaku, Kabupaten Cianjur, Senin (5/12).

Pada tahap pertama ini akan dibangun 200 unit rumah tahan gempa. Selain itu, pemerintah juga menyiapkan pembangunan 1.600 rumah serupa di lokasi lainnya untuk warga yang berada di pusat gempa, terutama Kecamatan Cugenang.

BACA JUGAIndonesia Sering Gempa Bumi, Ini yang Harus Kita Dipersiapkan

“Sehingga lokasi-lokasi yang berada di center-nya gempa, akan dipindahkan ke sini dan lokasi yang kedua tadi,” ucap Presiden dikutip dari situs Presiden RI.

“Yang lain, tetap dibangun di tempat yang sama dan diberi bantuan,” lanjut dia.

Bantuan yang diberikan adalah Rp50 juta untuk rumah yang rusak berat, Rp25 juta untuk rumah yang rusak sedang, dan Rp10 juta untuk rumah yang rusak ringan.

Baca Juga  1.354 Orang Ikuti Tes CAT di 29 Bawaslu Provinsi

BACA JUGATak Ada Friksi Internal, Partai Golkar Punya Peluang Besar Menang Pemilu 2024

Saat mengunjungi lokasi pengungsian, Jokowi memastikan bahwa semua pengungsi dalam keadaan sehat dan pembangunan kembali rumah terdampak gempa akan dilakukan mulai hari ini juga.

“Ya pengungsi tadi semuanya kita lihat sehat. Tetapi yang paling banyak ingin agar segera pembangunan rumahnya dimulai,” kata Presiden Jokowi.

BACA JUGAAirlangga Hartarto: Gaya Golkar, Politik yang Sejuk tanpa Memojokkan

“Oleh sebab itu pagi hari ini saya ke sini untuk memastikan bahwa pertama, yang relokasi hari ini dimulai pembangunannya,” imbuhnya.

Baca Juga  Presiden Minta Relokasi Korban Gempa Cianjur Segera Selesai

Selain itu, Presiden Jokowi berharap semua bantuan dapat disalurkan kepada warga terdampak pada Kamis depan.

“Kedua, nanti Kamis, baru persiapan termasuk verifikasi semaunya selesai nanti hari Kamis untuk bantuan yang bukan relokasi 50 juta, 25 juta, dan 10 juta juga akan diberikan hari Kamis,” kata dia.

BACA JUGAPresiden Minta Relokasi Korban Gempa Cianjur Segera Selesai

Direktur Jenderal Perumahan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Iwan Suprijanto menjelaskan bahwa rumah yang akan dibangun di lahan seluas 2,5 hektare tersebut dibangun dengan teknologi rumah tahan gempa atau Rumah Instan Sederhana Sehat (RISHA).

Masing-masing rumah bertipe 36 dan dibangun di atas lahan 75 meter persegi.

 

banner 325x300