Politik

Pemantau dan Pengawas Pemilu Harus Berjalan Beriringan

43
×

Pemantau dan Pengawas Pemilu Harus Berjalan Beriringan

Share this article
Ilustrasi Pemilu. Foto: Ist
Ilustrasi Pemilu. Foto: Ist

G24NEWS.TV, JAKARTA – Ketua Bawaslu Rahmat Bagja mengungkapkan pemantau dan pengawas pemilu harus berjalan seiringan untuk memastikan setiap langkah pemilu diawasi dan dijaga agar tetap berada pada jalur yang benar.

“Pengawas dan pemantau harus berjalan seiringan untuk memastikan proses pemilu tetap pada jalur yang benar,” katanya saat memberikan sambutan dalam kegiatan Konsolidasi Nasional (Konsolnas) Pemantau Pemilu Tahun 2024 di Jakarta. Kamis (28/12/2023) malam.

Bagja menuturkan, pengawas dan pemantau harus saling berbagi dan berkoordinasi terkait data-data kepemiluan. Bahkan, lanjutnya, koordinasi tersebut perlu disiapkan lewat teknologi komunikasi. “Kita perlu membuat grup whatsapp (WA) bersama pemantau, untuk forum sharing, koordinasi dan berbagi pengalaman lainnya, baik itu soal pemantauan ataupun pengawasan yg dilakukan oleh Bawaslu,” ungkap Bagja.

Baca Juga  Bawaslu Ajak Pemuda Jadi Aktor Pemilu yang Baik

Dia pun berharap Bawaslu sebagai pengawas pemilu dan pemantau harus saling melengkapi di setiap tingkatannya mulai dari kabupaten/kota hingga pusat. “Harus saling melangkapi seperti koordinasi informasi dan temuan dari pemantau, kemudian kolaborasi; penyuluhan; dan edukasi. Bawaslu punya pengawasan partisipatif hingga sosialisasi partisipatif itu harus melibatkan pemantau pemilu dari kabupaten/kota hingga pusat,”

Baca Juga  Nurdin Halid: Golkar Buka Peluang Poros Ke-4 Bersama PAN, PKB dan Gerindra

Tidak lupa Bagja mengingatkan pemantau pemilu tidak berhenti untuk mengkritik penyelenggara pemilu baik itu Bawaslu ataupun KPU agar terbangun perbaikan. “Jangan berhenti untuk mengkritik kami penyelenggara pemilu, baik itu Bawaslu atau KPU ingatkan kami jika salah,” ungkapnya.

Email: DharmaSastronegoro@G24.News

Editor: Lala Lala

banner 325x300