Kesehatan

Partikel PM2.5: Ancaman yang Tersembunyi dalam Udara

56
×

Partikel PM2.5: Ancaman yang Tersembunyi dalam Udara

Share this article
polusi udara
Ilustrasi polusi udara/Photo by Chris LeBoutillier: https://www.pexels.com/photo/photography-of-factory-929385/

G24NEWS.TV, JAKARTA – Partikel PM2.5 (Particulate Matter 2.5) adalah salah satu masalah lingkungan yang semakin mendapat perhatian global. Partikel ini sangat kecil, dengan diameter kurang dari 2,5 mikrometer, dan dapat membawa dampak serius pada kesehatan manusia dan lingkungan. Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi apa itu PM2.5, sumber-sumbernya, dampaknya, serta tindakan yang dapat diambil untuk mengurangi risiko paparan.

Apa Itu PM2.5?

PM2.5 adalah partikel-padat atau cair yang terdiri dari berbagai zat, termasuk debu, asap, polusi industri, dan bahan kimia. Partikel ini sangat kecil sehingga bisa terhirup dan masuk ke dalam paru-paru manusia. Mereka juga dapat tersebar dalam lingkungan dalam bentuk debu halus.

Sumber-Sumber PM2.5:

  1. Emisi Kendaraan

Emisi kendaraan bermotor, terutama kendaraan diesel, adalah salah satu sumber utama PM2.5. Gas buang kendaraan mengandung partikel-partikel yang sangat kecil yang dapat tersebar di udara.

  1. Polusi Industri

Pabrik-pabrik dan fasilitas industri dapat menghasilkan PM2.5 melalui proses pembakaran dan produksi. Polusi industri adalah salah satu kontributor utama terhadap masalah ini.

  1. Kebakaran Hutan

Kebakaran hutan dan lahan adalah penyebab alami lain dari PM2.5. Selama kebakaran besar, asap dan partikel dapat membentuk kabut yang menghambat visibilitas dan merusak kualitas udara.

  1. Aktivitas Manusia

Aktivitas seperti memasak dengan kayu bakar atau arang juga dapat menghasilkan PM2.5, terutama di daerah-daerah di mana bahan bakar bersih tidak tersedia.

Baca Juga  10 Alasan Kamu Harus Ikut Car Free Day!

Dampak Kesehatan PM2.5:

Paparan jangka panjang atau berulang terhadap PM2.5 dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan, termasuk:

  1. Gangguan Pernapasan

Partikel ini dapat masuk ke dalam saluran pernapasan dan menyebabkan masalah seperti asma, bronkitis, dan infeksi pernapasan.

  1. Penyakit Kardiovaskular

PM2.5 terkait dengan peningkatan risiko penyakit kardiovaskular, termasuk serangan jantung dan stroke.

  1. Dampak pada Anak-anak dan Lansia

Anak-anak, lansia, dan orang dengan kondisi kesehatan yang sudah ada berisiko lebih tinggi terhadap dampak kesehatan PM2.5.

Baca Juga  Dampak Merusak: Penyakit yang Timbul Akibat Air Tercemar

Upaya Mengurangi Risiko PM2.5:

  1. Kendaraan Ramah Lingkungan

Penggunaan transportasi umum, mobil listrik, atau kendaraan bermotor yang lebih bersih dapat membantu mengurangi emisi PM2.5.

  1. Filter Udara

Menggunakan filter udara di rumah dan tempat kerja dapat membantu menyaring partikel PM2.5 dari udara yang Anda hirup.

  1. Pemantauan Kualitas Udara

Memantau indeks kualitas udara lokal dapat membantu Anda menghindari paparan tinggi PM2.5.

PM2.5 adalah masalah serius yang mempengaruhi kesehatan manusia dan lingkungan. Memahami sumber-sumbernya dan mengambil tindakan untuk mengurangi paparan adalah langkah penting dalam melindungi kesehatan Anda dan mendukung lingkungan yang lebih bersih.

banner 325x300