Nasional

Partai Golkar: Terima Kasih Telah Menyelesaikan KUHP

255
×

Partai Golkar: Terima Kasih Telah Menyelesaikan KUHP

Share this article
lodweijkok
582642_01253521052022_lodweijk_ok1

G24NEWS.TV, JAKARTAWakil Ketua DPR RI Lodewijk F. Paulus mengatakan KUHP yang baru disahkan adalah tonggak sejarah bangsa Indonesia untuk mempunyai hukum yang sesuai dengan budaya, bukan adopsi nilai-nilai negara asing.

“Tentunya kita mengucapkan banyak terima kasih dengan sangat kepada  seluruh stakeholder atas upaya – upaya yang telah dilakukan bersama menyusun KUHP ini,” ujar Lodewijk.

“Mudah-mudahan ini menjadi tonggak sejarah baru bagi Indonesia untuk tegakkan hukum di Indonesia yang sesuai dengan budaya kultur Indonesia bukan adopsi lagi dari negeri Belanda,” lanjut dia.

Baca Juga  Sambut Bonus Demografi, Golkar Fokus di Sektor Pendidikan dan Kesehatan

Lodewijk bersyukur RKUHP yang melewati pembahasan begitu lama tersebut akhirnya tersebut sudah resmi disahkan.

Menurut dia jika ada pihak yang merasa tidak puas dengan sejumlah pasal di KUHP bisa menempuh judicial review melalui Mahkamah Konstitusi (MK).

Dia meminta masyarakat masyarakat menggunakan saluran konstitusional untuk menyuarakan ketidaksepakatannya. Tindakan seperti bom bunuh diri untuk mengekspresikan aspirasinya sangat tidak bisa diterima.

Menurut Lodewijk yang juga Sekretaris Jenderal Partai Golkar ini KUHP yang baru saja disahkan ini sesuai dengan budaya dan hukum di Indonesia saat ini.

Baca Juga  Pentingnya Akses SILON Cegah ASN Berpolitik Praktis

KUHP ini menurut dia membuat bangsa Indonesia berbangga hati karena akhirnya memiliki landasan hukum yang sesuai dengan akar budaya masyarakat kita sendiri bukan adopsi dari negara lain.

“Dengan disahkannya KUHP ini tentu kita sudah punya undang-undang baru berdasarkan kondisi keindonesiaan. Undang-undang yang kita anut selama ini merupakan undang-undang yang masih menganut undang-undang yang disampaikan oleh Hindia-Belanda.

“KUHP ini sudah sangat lama perjalanan panjangnya, melewati  tujuh presiden dan 13 Menteri Hukum dan HAM,” terang Lodewijk.

 

banner 325x300