Headline

Partai Golkar Siap Buat Koalisi Besar

244
×

Partai Golkar Siap Buat Koalisi Besar

Share this article
Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto berbicara di depan forum tentang koalisi besar
Partai Golkar Siap Buat Koalisi Besar

G24NEWS.TV, JAKARTA – Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto tak menutup kemungkinan partainya bakal membuat koalisi besar untuk memenangkan Pemilihan Umum 2024.

Airlangga tak menjelaskan hal tersebut secara rinci. Namun, dirinya mengklaim koalisi tersebut bakal menguntungkan Indonesia.

“Koalisi besar di mana-mana menguntungkan Indonesia, jadi tunggu tanggal mainnya,” ucapnya, usai menghadiri buka puasa bersama Partai NasDem, Sabtu (25/3/2023).

Airlangga menekankan yang terpenting saat ini adalah menjalin komunikasi antara sesama koalisi dan petinggi partai politik. 

“Ya, kalau sama-sama punya koalisi, tentu dengan yang sama komunikasi menjadi hal yang penting di dalam politik. Dan, keterbukaan komunikasi ini yang kita juga jaga agar seluruh proses politik itu berjalan dengan baik. Jadi kami sama-sama mengawal proses tersebut,” katanya. 

Baca Juga  Pemimpin Muda Golkar, Nita Blegur Terpilih Jadi Ketua DPD Kabupaten Alor

Airlangga menegaskan, pihaknya selalu terbuka untuk menjalin komunikasi dengan partai mana pun, terlebih NasDem yang dikatakan memiliki kedekatan.

“NasDem dan Partai Golkar selalu terjalin (komunikasi). Dan, kebetulan Partai Golkar sebagai salah satu partai paling tua, tentu terbuka terhadap seluruh partai yang ada. Ini salah satu bentuk keterbukaan dan juga kehangatan Pak Surya (Paloh, Ketua Umum Partai NasDem) dengan Ketua Umum Partai Golkar. Di antara kami tidak merasa ada sekat walaupun partainya sudah berbeda, tetapi persahabatan terus berjalan,” pungkasnya. 

Baca Juga  DPR Tegaskan Sistem Proporsional Terbuka Wujud Kedaulatan Rakyat  

Koalisi adalah sebuah atau sekelompok persekutuan, gabungan, atau aliansi beberapa unsur, yang dalam kerjasamanya, masing-masing memiliki kepentingan sendiri-sendiri.

Aliansi seperti ini mungkin bersifat sementara atau berasas manfaat. Sementara, menurut KBBI, koalisi merupakan kerja sama antara beberapa partai untuk memperoleh kelebihan suara dalam parlemen.

Dalam pemerintahan dengan sistem parlementer, sebuah pemerintahan koalisi adalah sebuah pemerintahan yang tersusun dari koalisi beberapa partai sedangkan oposisi koalisi adalah sebuah oposisi yang tersusun dari koalisi beberapa partai.

Email: DharmaSastronegoro@G24.News

Editor: Lala Lala

banner 325x300