HeadlinePolitik

Paparkan Visi dan Misi di ICMI Makassar, Prabowo Kembali Sampaikan Komitmen Kelola SDA Untuk Kemakmuran Rakyat

169
×

Paparkan Visi dan Misi di ICMI Makassar, Prabowo Kembali Sampaikan Komitmen Kelola SDA Untuk Kemakmuran Rakyat

Share this article
Capres dari Koalisi Indonesia Maju Prabowo Subianto. Foto: Ist
Capres dari Koalisi Indonesia Maju Prabowo Subianto. Foto: Ist

G24NEWS.TV, MAKASSAR – Dua Calon Presiden Prabowo Subianto dan Ganjar Pranowo memaparkan visi dan misi mereka dalam acara Silaturahmi Kerja Nasional (Silaknas) Ikatan Cendekiawan Muslim se-Indonesia (ICMI Makassar), di Hotel Four Poin by Sheraton Makassar, Sulawesi Selatan, Sabtu (4/11/2023).

Pada kesempatan itu, Prabowo Subianto menyampaikan kekayaan alam Indonesia sangat besar begitu pula dengan sumber daya manusianya.

Namun, jelasnya, kekayaan alam itu malah dikelola lalu bawa keluar negeri oleh orang asing yang tentu bertentangan dengan Undang-Undang Dasar 1945 di pasal 33 ayat 1,2 dan 3.

“Kita banyak kekayaan alam, kita ini seolah-olah merdeka secara fisik, kita punya republik ini, kita punya MPR dan DPR, kita punya partai politik,” jelasnya, seperti dilansir dari Antara.

“Katanya kita juga punya demokrasi, tapi fenomena ini tidak berhenti, mengalir ke luar semua kekayaan kita,” sambung Prabowo kepada ICMI Makassar.

Hal tersebut berkaitan dengan kekayaan alam yang dikuras lalu dibawa ke luar negeri oleh orang asing.

Padahal, kekayaan alam Indonesia sangat melimpah, walaupun sejak masa penjajahan hingga kemerdekaan, kekayaan alam itu dinilai belum dinikmati seutuhnya oleh rakyat.

Baca Juga  Otto Hasibuan Deklarasikan Dukungan AAIB Kepada Prabowo-Gibran

Selain itu, dalam Undang-Undang Dasar (UUD) 1945 jelas mengatur tentang sistem perekonomian Indonesia.

Bahkan di pasal 33 disebutkan bahwa perekonomian yang disusun sebagai usaha bersama berdasar atas asas kekeluargaan, tetapi pada kenyataannya tidak seperti itu.

“Di Pasal 33 itu sederhana, sangat eksplisit dan tidak perlu itu diterjemahkan. Di situ Tidak ada asas kapitalisme, asas neoliberal itu tidak ada, tidak ada pula asas konglomerasi”.

“Ini yang penting untuk ditegakkan,” kata Prabowo yang masih menjabat Menteri Pertahanan ini menekankan.

Mengenai dengan program strategi pembangunan di kawasan Timur Indonesia, kata dia, pihaknya akan fokus pada masalah kekurangan gizi anak, stunting, hingga penegakan keadilan se-adil-adilnya.

“Kita mau selesaikan permasalahan soal kekurangan gizi, stunting, membantu rakyat, menegakkan keadilan sosial, dan memperkuat generasi masa depan kita”.

“Saya juga mau protes, kita bicara bangsa hanya dikasih 20 menit, tapi tidak masalah, kita disiplin. Caranya saya bagikan buku saya kepada saudara sekalian, di buku itu sangat jelas sekali. Ada semua di situ,” papar dia.

Baca Juga  KPU Gandeng Jurnalis Sukseskan Pemilu 2024

Prabowo pun sempat menyampaikan di depan Ilham Habibie, putra BJ Habibie bahwa dirinya punya hubungan khusus dengan ayahnya serta mengaguminya karena jasa-jasanya membuktikan Indonesia memiliki putra terbaik yang mampu membuat pesawat terbang, dan itu merupakan wujud perjuangan Indonesia merdeka.

Ganjar Pranowo

Pada kesempatan yang sama, Ganjar Prabowo mengatakan Ganjar menyebutkan 77 persen Indonesia wilayah laut dan perairan, namun sektor maritimnya hanya bisa memberikan kontribusi 7,6 persen.

Untuk itu, ia telah menghitung-hitung bagaimana nasib nelayan dengan hasil perikanan tidak dikendalikan oleh para tengkulak, termasuk data stok ikan nasional, subsidi, dan distribusinya yang menjadi indikator untuk mencari pemecahan masalahnya.

“Di sini banyak ahlinya, mudah-mudahan mulai terganggu dan tergoda memikirkan bersama kira-kira ini bisa kita selesaikan dengan cara baru atau cara lama yang diperbaiki,” jelasnya. (Antara)
Editor: Lala Lala

banner 325x300