Ekonomi

Nusron Wahid Ingatkan KAI Antisipasi Lonjakan Penumpang Arus Mudik

248
×

Nusron Wahid Ingatkan KAI Antisipasi Lonjakan Penumpang Arus Mudik

Share this article
Anggota Komisi VI DPR RI dari Partai Golkar Nusron Wahid Foto DPR RI. Foto: DPR RI

G24NEWS.TV, JAKARTA – Nusron Wahid, Anggota Komisi VI DPR RI dari Fraksi Golkar, meminta PT Kereta Api Indonesia mengantisipasi adanya peningkatan penumpang selama arus mudik.

Dia mengatakan diprediksikan tahun ini akan ada lonjakan penumpang akibat telah normalnya kegiatan masyarakat setelah keluar dari pandemi Covid-19.

Hal ini disampaikan Nusron Wahid dalam Rapat Kerja dengan BUMN Transportasi membahas kesiapan arus mudik Hari Raya Idul Fitri 2023/1444 Hijriah, di Gedung DPR RI, Jakarta, Senin (3/4/2023).

“Feeling saya karena orang sudah lama ngempet (menahan) diri untuk mudik, itu tahun ini itungan saya itu 120 persen untuk kereta api dari tahun 2019,” jelasnya.

Dia mengakui dirinya mengkhatirkan penumpang menumpuk di kereta api dan menimbulkan keramaian jika tidak diantisipasi.

Baca Juga  Industri Otomotif Tumbuh Impresif Setelah Dihantam Badai COVID-19 

Nusron mengatakan, saat ini Kereta Api merupakan salah satu moda transportasi yang digemari masyarakat.

Ada Tren Kelas Menengah Beralih ke Kereta Api

Seperti dilansir dari laman resmi DPR RI, dia mengatakan permintaan masyarakat terhadap moda transportasi Kereta Api cukup tinggi.

Saat ini, tambahnya, ada tren kelas menengah memilih menggunakan kereta jika hanya ingin mencapai satu titik tujuan.

Berbeda jika kegiatan mudik mengunjungi beberapa titik lokasi, biasanya memang masyarakat lebih memilih menggunakan kendaraan pribadi.

Untuk itu, Nusron meminta KAI dapat meningkatkan porsi moda transportasi KAI untuk mengantisipasi peningkatan penumpang tersebut.

“Nataru saja sudah 6,467 juta padahal orang mudik Nataru itu lebih sedikit, kesannya hiburan,” ujarnya.

Baca Juga  Golkar-PAN Tindaklanjuti Wacana Pembentukan Koalisi Besar

“Tapi kalau mudik Lebaran ada unsur spiritual, mungkin bapak-bapak merasakan itu semua, sehingga lebih nambah, mungkin (penumpang) akan mencapai 7,5 juta,” tutup Nusron Wahid.

Program Trip & Win KAI

Sebelumnya, untuk menggajak masyarakat menggunakan jasa layanan kereta api di masa liburan Lebaran ini, PT Kereta Api Indonesia (Persero) menghadirkan program Trip & Win tahap kedua.

Tagline kegiatan itu adalah Ride The Train and Win A Relaxing Staycation for Your Next Adventure untuk periode April hingga Juni 2023.

Pelanggan berpeluang untuk mendapatkan voucher menginap di Hotel Batiqa Jakarta, Bekasi, Karawang, Cirebon, atau Surabaya.*

Email: Nyomanadikusuma@G24.News
Editor: Lala Lala

banner 325x300