Nasional

Nurul Arifin Beberkan 3 Poin Pokok Target Partai Golkar 2024

305
×

Nurul Arifin Beberkan 3 Poin Pokok Target Partai Golkar 2024

Share this article
Anggota Komisi I DPR RI dari Fraksi Partai Golkar Nurul Arifin
Anggota Komisi I DPR RI dari Fraksi Partai Golkar Nurul Arifin 900x500 1

G24NEWS.TV, JAKARTA – Wakil Ketua Umum Partai Golkar Nurul Arifin mengatakan target Partai Golkar hingga kini tidak berubah, yaitu mengusung kader sebagai capres pada Pilpres 2024 dan menang. 

“Partai Golkar menentukan target pada pesta demokrasi pada 2024. Pertama, Pilpres 2024 mengusung kader Partai Golkar sebagai Capres dengan target menang,” ujar Nurul. 

Target berikutnya adalah meraih 20% atau meraih  115 kursi parlemen dalam Pemilu Legislatif (Pileg 2024). Target ketiga adalah meraih kemenangan pada Pilkada secara nasional sebesar 60%.

Solid, Tidak Ada Friksi Internal

Infografis hasil survei Litbang Kompas golkar dengan popularitas nomor 1
Infografis hasil survei Litbang Kompas golkar dengan popularitas nomor 1

Direktur Pusat Riset Politik, Hukum dan Kebijakan Indonesia (PRPHKI) Saiful Anam mengatakan soliditas Partai Golkar membuatnya mempunyai peluang memenangkan Pemilu 2024, terutama karena soliditas dan minimnya faksi-faksi internal.

Partai Golkar juga mempunyai popularitas dan penerimaan yang tinggi di masyarakat sehingga bisa dikonversi menjadi suara dalam Pemilu 2024 mendatang.

“Dengan keandalan dan soliditas partai yang ditunjukkan Golkar saat ini, maka sangat siap bagi Golkar tidak hanya memenangkan pemilu pada 2024 mendatang. Juga bukan tidak mungkin akan kembali berjaya pada pemilu berikutnya,” ujar Saiful.

Baca Juga  Apa Itu Coklit atau pencocokan dan penelitian Pemilu? Ini Pembahasannya

Menurut dia, jika melihat dinamika partai papan atas, serta momentum dan akselerasi partai tidak berubah, maka besar kemungkinan Golkar keluar menjadi pemenang Pemilu nanti pada tahun 2024 mendatang.

Ujang Komarudin, pengamat politik dari Universitas Al Azhar Indonesia mengatakan popularitas dan kesukaan Partai Golkar yang tinggi ini menunjukkan bahwa partai ini selalu eksis dan selalu bisa diterima oleh masyarakat Indonesia.

“Saya melihatnya bagus ya, Partai Golkar selalu ada di posisi papan atas hasil berbagai macam survei lembaga yang kredibel termasuk oleh Litbang Kompas. Itu hal yang positif dan bagus,” kata Ujang Komarudin.

Litbang Kompas merilis hasil survei periode Mei 2023, hasilnya Partai Golkar menduduki peringkat pertama sebagai partai politik paling populer dan tingkat kesukaan tertinggi di kalangan masyarakat.

Baca Juga  Partai Golkar dan NasDem Bertemu, Ini Kesepakatannya

Di sisi lain, Ujang mengatakan Partai Golkar mempunyai kader dan fungsionaris yang sangat bisa diandalkan untuk menghadapi pertarungan politik seperti Pemilu legislatif.  Kekuatan elektoral partai berlambang pohon beringin ini berasal dari caleg-caleg yang bertarung di lapangan.

‘Naiknya elektabilitas, termasuk suara Golkar yang tidak pernah turun signifikan itu karena pergerakan dari caleg yang semua petarung dan siap dengan sistem terbuka,” ujar dia.

Menurut dia trend ini akan berlanjut hingga pelaksanaan Pemilu 2024 atau satu tahun mendatang. Apalagi hal ini juga menyangkut kepentingan para anggota legislatif agar bisa terpilih.

Hal lain yang akan membuat suara Golkar lebih melesat adalah kondisi partai lain. Misalnya ada kejadian, Harun Masiku ditangkap atau kasus yang lain. “Untuk posisi kedua Partai Golkar sepertinya aman,” ujar dia.

Email: DharmaSastronegoro@G24.News
Editor: Lala Lala

banner 325x300