Lifestyle

Nikmati Makanan Cepat Saji Tapi Sehat, Ini Tipsnya!

85
×

Nikmati Makanan Cepat Saji Tapi Sehat, Ini Tipsnya!

Share this article

G24NEWS.TV, JAKARTA – Apakah kita bisa memasak makanan cepat saji lezat dan lebih sehat, Guys? Tentu saja bisa! Artikel ini akan berbagi tips-tips keren buat masak makanan cepat saji yang enak tapi tetap menjaga kesehatan. Yuk simak!

1. Gunakan Minyak Sehat

Saat memasak makanan cepat saji, penggunaan minyak merupakan hal yang tidak bisa dihindari. Tapi, jangan khawatir! Kamu masih bisa membuat makananmu lebih sehat dengan menggunakan minyak sehat seperti minyak zaitun, minyak kelapa, atau minyak biji rami. Hindari penggunaan minyak yang mengandung lemak jenuh tinggi seperti minyak sawit atau minyak kelapa sawit.

Baca Juga  Berkat Teknologi, Perkembangan Pertanian Jadi Makin Maju, Loh!

2. Buat Sendiri Saos dan Dressing

Saos dan dressing siap pakai seringkali mengandung banyak bahan tambahan, pengawet, dan pemanis buatan. Untuk membuat makanan cepat saji lebih sehat, coba deh buat sendiri saos dan dressing favoritmu. Kamu bisa menggunakan bahan-bahan segar dan mengatur kandungan garam, gula, dan lemak sesuai dengan selera dan kebutuhanmu.

3. Pilih Metode Memasak yang Sehat

Cara memasak juga berpengaruh pada tingkat kesehatan makanan cepat saji yang kamu buat, Sahabat Esensi. Hindari menggoreng makanan secara berlebihan, dan lebih pilihlah metode memasak yang lebih sehat seperti panggang, rebus, atau kukus. Metode ini dapat mengurangi penggunaan minyak dalam memasak dan menjaga kandungan nutrisi dalam makanan tetap terjaga.

Baca Juga  Bidang Sains dan Teknologi Makin Maju, Yuk Intip Penemuan Hebatnya!

4. Kreatif dengan Pengganti Sehat

Jika kamu ingin mengganti bahan-bahan dalam makanan cepat saji dengan yang lebih sehat, jangan takut untuk berkreasi, Guys. Misalnya, jika biasanya kamu menggunakan daging sapi dalam burger, coba gantilah dengan daging ayam tanpa kulit atau tofu sebagai alternatif yang lebih rendah lemak. Atau jika biasanya menggunakan tepung terigu biasa, coba deh gunakan tepung gandum utuh untuk meningkatkan kandungan serat.

 

Penulis: Nyoman Adikusuma

Editor: Lala Lala

banner 325x300