Nasional

Mujib Rohmat Minta Pemerintah Bantu Kembangkan Perpustakaan di Daerah

182
×

Mujib Rohmat Minta Pemerintah Bantu Kembangkan Perpustakaan di Daerah

Share this article
Anggota Komisi X DPR RI dari Fraksi Golkar Mujib Rohmat. Foto: DPR RI
Anggota Komisi X DPR RI dari Fraksi Golkar Mujib Rohmat. Foto: DPR RI

G24NEWS.TV, JAKARTA – Anggota Komisi X DPR RI dari Fraksi Partai Golkar Mujib Rohmat meminta pemerintah membantu pengembangan sarana dan prasarana perpustakaan di daerah.

Dia mencontohkan, Kabupaten Tegal, Jawa Tengah adalah salah satu daerah yang membutuhkan dukungan dalam bentuk fisik, buku, hingga pelatihan untuk pengembangan perpustakaan daerah.

“Masih ada yang menginginkan supaya ada bantuan-bantuan berupa fisik, maupun berupa buku-buku, juga pelatihan-pelatihan,”.

“Tadi kebetulan ada perwakilan Badan Bahasa Kemendikbud, kebetulan juga ada dari Perpustakaan Nasional. Saya harap bisa direalisasi apa yang diminta,” ujarnya dalam keterangan DPR RI, dikutip Minggu (24/9/2023).

Baca Juga  Puteri Komarudin Ingatkan Pemerintah Percepat Sosialisasi UU TPKS

Dia juga mendorong peningkatan kualitas pustakawan di Indonesia, khususnya di tingkat daerah.

Mujib Rohmat mengemukakan perpustakaan yang berkualitas tidak hanya harus dilengkapi buku baik buku cetak maupun digital yang lengkap, tetapi juga sumber manusia pengelolanya.

Ikatan Pustakawan Indonesia

Sebelumnya, Kepala Perpustakaan Nasional (Perpusnas) RI Muhammad Syarif Bando kehadiran organisasi profesi di bidang perpustakaan, Ikatakan Pustakawan Indonesia (IPI) diharapkan tidak hanya sekadar simbol struktur organisasi.

IPI didorong untuk memiliki program kerja yang mendukung perkembangan perpustakaan di Indonesia.

Kepala Perpusnas mendorong IPI untuk melakukan sinergi dengan stakeholder terkait demi pengembangan perpustakaan. IPI dapat hadir menjadi penyelenggara untuk semua kepentingan bangsa dalam hal perpustakaan.

Baca Juga  Daniel Mutaqien: Pembangunan di Indonesia Harus Merata

Seperti mempersiapkan sebanyak mungkin jumlah pustakawan, mempersiapkan jumlah asesor dan peran IPI untuk melakukan akreditasi perpustakaan di seluruh Indonesia.

“Maka saya harap IPI dapat melakukan kolaborasi dengan berbagai stakeholder. Meyakinkan mereka betapa pentingnya perpustakaan,” lanjutnya.

Dalam kesempatan tersebut, dia juga berharap agar pengurus IPI dapat mengubah citra perpustakaan dan pustakawan di Indonesia.

Email: Nyomanadikusuma@G24 News

Editor: Lala Lala

banner 325x300