HeadlineNasional

Muhammadiyah: Libur Idul Adha Tahun Ini Bukti Pemerintah Komitmen pada Konstitusi

221
×

Muhammadiyah: Libur Idul Adha Tahun Ini Bukti Pemerintah Komitmen pada Konstitusi

Share this article
Seorang anak membawa domba untuk perayaan hari raya idul adha
Seorang anak membawa domba untuk perayaan hari raya idul adha (Foto file - Anadolu Agency )

G24NEWS.TV, JAKARTA – Pemerintah menetapkan libur dan cuti bersama Hari Raya Idul Adha atau Kurban dari 28-30 Juni 2023, Muhammadiyah mengapresiasi hal ini karena menunjukkan komitmen kuat pada prinsip-prinsip konstitusi. 

Sekretaris Umum PP Muhammadiyah Abdul Mu’ti mengatakan Presiden Joko Widodo memenuhi aspirasi ormas Muhammadiyah terkait penambahan libur Idul Adha.  

Penambahan ini menurut dia menunjukkan komitmen Pemerintah terhadap konstitusi terutama dalam menjamin kemerdekaan warga negara untuk melaksanakan ibadah sesuai dengan keyakinannya. 

“Keputusan ini memberikan jaminan kepada umat Islam bahwa mereka dapat melaksanakan ibadah Shalat Idul Adha dengan aman, tenang, dan damai,” ujar dia dalam siaran pers.

Mu’ti mengimbau seluruh warga Muhammadiyah menjaga kerukunan, saling menghormati, dan menjaga ketertiban umum. Dia juga mengajak agar warga Muhammadiyah menjalankan ibadah dengan tertib, mematuhi aturan dan regulasi yang berlaku, termasuk dalam pelaksanaan penyembelihan hewan kurban.

Baca Juga  Presiden Minta Relokasi Korban Gempa Cianjur Segera Selesai

“Kepada warga Muhammadiyah dan umat Islam yang merayakan Idul Adha pada 28 Juni 2023 hendaknya senantiasa menjaga kerukunan, saling menghormati, dan menjaga ketertiban umum,” kata Mu’ti.

Tahun ini ada perbedaan perayaan Idul Adha antara pemerintah dan Muhammadiyah. Kementerian Agama sebelumnya menetapkan bahwa awal Dzulhijah jatuh pada Selasa (20/6), dengan demikian, Hari Raya Idul Adha  jatuh pada Kamis 29 Juni.

Sementara Pimpinan Pusat Muhammadiyah telah terlebih dulu menetapkan Hari Raya Idul Adha 1444 H jatuh pada Rabu 28 Juni 2023 berdasarkan kriteria Hisab Hakiki Wujudul Hilal.

Menurut Mu’ti , perayaan Idul Adha adalah momen yang sangat berarti bagi umat Islam, termasuk warga Muhammadiyah, dalam menghormati pengorbanan Nabi Ibrahim. 

Dalam menjalani perayaan ini, Mu’ti mengajak seluruh warga untuk mempertahankan nilai-nilai keagamaan dan semangat persaudaraan.

Dia berharap momen Idul Adha dapat menjadi ajang untuk memperkuat ikatan sosial, saling memahami, dan membangun solidaritas antarumat beragama dalam semangat persaudaraan yang universal.

Baca Juga  Kemenhub Harus Tuntaskan Proyek Strategis Nasional di 2024

Oleh karena itu, Mu’ti mengusulkan agar warga Muhammadiyah melaksanakan penyembelihan dan pembagian daging hewan kurban pada Kamis, 29 Juni 2023.

“Alangkah baiknya penyembelihan hewan kurban dan pembagiannya dilaksanakan pada 29 Juni atau setelahnya sebagai wujud toleransi dan saling menghormati,” kata Mu’ti.

Sebelumnya, Pemerintah melalui Surat Keputusan Bersama (SKB) Tiga Menteri menetapkan tanggal 28 dan 30 Juni 2023 sebagai cuti bersama Idul Adha 1444 Hijriah/2023 Masehi.

 Sedangkan tanggal 29 Juni 2023 merupakan hari libur nasional memperingati Hari Raya Idul Adha 1444 Hijriah/2023 Masehi.

Penetapan hari libur itu ditandatangani oleh Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas, Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah, dan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Abdullah Azwar Anas.

banner 325x300