Nasional

Misbakhun Berharap Telaahan BAKN pada PNM Tingkatkan Kinerja BUMN

242
×

Misbakhun Berharap Telaahan BAKN pada PNM Tingkatkan Kinerja BUMN

Share this article
Mishbakun Berharap Telaahan BAKN pada PNM Tingkatkan Kinerja BUMN
Mishbakun Berharap Telaahan BAKN pada PNM Tingkatkan Kinerja BUMN

G24NEWS.TV, JAKARTA- Wakil Ketua Badan Akuntabilitas Keuangan Negara (BAKN) DPR RI Mukhamad Misbakhun berharap telaahan BAKN terhadap temuan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI pada Penyertaan Modal Negara (PNM) di tubuh Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dapat disinkronkan.

Sebab menurutnya, tujuan PNM tak lain demi meningkatkan kinerja keuangan dan korporasi.

“Supaya tujuan BUMN dapat terwujud. Sebab ia didirikan untuk jadi agent of development. Inilah tujuan negara. Misalnya bagaimana PT Kereta Api Indonesia (KAI) menyediakan layanan dengan kualitas baik. Bagaimana BUMN punya model bisnis dan tanggung jawab sosialnya baik,” ujarnya.

Baca Juga  Golkar Mantapkan Persiapan Pemilu 2024 di Rakernas Mendatang

Dalam kunjungan kali ini, BAKN bertemu dengan PT Hutama Karya (HK), PT KAI dan PT Sarana Multigriya Finansial. Dimana kata Misbakhun, BUMN tersebut turut mengerjakan beberapa proyek strategis nasional.

“KAI misalnya dapat tugas mengembangkan kereta api di jalur sumatera. Kemudian penguatan logistik di sumatera, HK menyelesaikan proyek jalan trans sumatera. Ini butuh biaya besar. Maka kami datang untuk menanyakan bagaimana persiapan dan program yang dijalankan. Kami ingin tahu detilnya,” sebut Politisi Fraksi Partai Golkar ini.

Baca Juga  Legislator Golkar Muhammad Fauzi Kawal Pembangunan 2 Rusun Bagi Santri di Luwu Utara Sulsel

Sebab Misbakhun melanjutkan, BAKN adalah alat kelengkapan dewan di DPR RI yang dapat melakukan audit keuangan pemerintah pusat ataupun lembaga, juga dapat menyasar segmen terkait. “Misalnya periksa efektivitas subsidi, dana alokasi khusus, dan periksa yang lain. Nah, kali ini memeriksa PNM. Inilah yang sedang kami monitoring,” tukasnya.

Email: DharmaSastronegoro@G24.News
Editor: Lala Lala

banner 325x300