Menpora Dito Dukung Khansa Syahlaa Kibarkan Merah Putih di Puncak Gunung Aconcagua

110
×

Menpora Dito Dukung Khansa Syahlaa Kibarkan Merah Putih di Puncak Gunung Aconcagua

Share this article
Menpora Dito Dukung Khansa Syahlaa Kibarkan Merah Putih di Puncak Gunung Aconcagua
Menpora Dito Dukung Khansa Syahlaa Kibarkan Merah Putih di Puncak Gunung Aconcagua

G24NEWS.TV, JAKARTA Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Dito Ariotedjo, menerima audiensi pendaki muda Khansa Syahlaa.

Menpora Dito mendukung Khansa yang akan mengibarkan Merah Putih pada ekspedisi Seven Summit of The World ke Puncak Gunung Aconcagua, Amerika Selatan, Januari 2024.

“Berangkatnya kapan?, Visanya sudah?. Yang pasti kita support ya,” kata Menpora Dito saat menerima audiensi Khansa yang hadir bersama orang tuanya serta rombongan di ruang rapat lantai 10 Kantor Menpora, Senayan, Jakarta, Kamis (11/1) siang.

Kepada Menpora, Khansa menyampaikan rencana ekspedisi pendakian gunung tertinggi di dunia ke-4 pada puncak Gunung Aconcagua di Argentina, Amerika Selatan 6.962 mdpl (meter diatas permukaan laut) dari program Seven Summit of the World.

Sebelumnya, pada 2017 Khansa telah mendaki puncak Gunung Cartenz Pyramide atau Puncak Jaya di Papua (4.884 mdpl) saat ia berusia 10 tahun, Gunung Kilimanjaro di Tanzania (5.895 mdpl) pada 2019, dan Gunung Elbrus di Rusia (5.642 mdpl) pada 2022. Setidaknya Khansa telah mendaki 87 puncak gunung di dalam dan luar negeri.

“Rencananya saya akan berangkat tanggal 20 Januari ini Pak Menteri. Gunung Aconcagua ini dikenal challenging dan sulit. Untuk itu banyak persiapan yang saya lakukan cukup lama mulai dari persiapan perlengkapannya, persiapan fisiknya naik gunung juga seperti Gunung Slamet, Gunung Gede dan sebagainya,” ujar Khansa.

“Khansa ini saya kenalkan untuk naik gunung pak. Prosesnya juga tidak instan, perlahan-lahan. Khansa ini memang kecil tapi cita-citanya setinggi gunung,” tutur sang ayah, Aulia Ibnu didampingi istri Pramudi Ayuwardani dan kakak Khansa.

Menurut Aulia Ibnu, untuk mendaki Aconcagua, Khansa dinilai masih di bawah umur, ada beberapa catatan khusus dari pihak operator Gunung Aconcagua untuk Khansa.

“Untuk Khansa ini dinilai masih di bawah umur karena aturannya disana harus minimal 18 tahun. Untuk itu ada catatan khusus seperti guidenya harus dua, didampingi pula pengacara. Rencananya berangkat tgl 20 Januari pulang pada 13 Februari untuk nyoblos pertama Khansa,” kata Aulia.

“Kami berharap Pak Menteri bisa memberikan Merah Putih ke Khansa, untuk menjadi semangatnya dikibarkan di puncak tertinggi di Amerika Selatan dan menjadi puncak keempat Khansa di dunia. Mungkin menjadi pendakian puncak ke-94 Khansa di dalam dan luar negeri,” imbuhnya.

Turut mendampingi Menpora, Deputi Pembudayaan Olahraga Rudy Sufahriadi, Sesdep Pembudayaan Olahraga Suyadi Pawiro, Staf Khusus Komunikasi dan Hubungan Internasional Alia Noorayu Laksono. Hadir pula Kepala Sekolah Labschool Jakarta Suparno, Pam Obvit Polda Metrojaya Iptu Syatriawan dan Humas Eiger Adventure Shulhan Rijal.

Email: DharmaSastronegoro@G24.News

Editor: Lala Lala

banner 325x300