Nasional

Menko Airlangga Luncurkan Program Bantuan Pangan di Jambi

38
×

Menko Airlangga Luncurkan Program Bantuan Pangan di Jambi

Share this article
Menko Airlangga Luncurkan Program Bantuan Pangan di Jambi
Menko Airlangga Luncurkan Program Bantuan Pangan di Jambi

G24NEWS.TV, JAKARTA –  Menjadi salah satu instrumen kebijakan strategis dalam menjaga stabilitas dan menanggulangi kenaikan harga pangan, Pemerintah terus melanjutkan penyaluran Program Bantuan Pangan di seluruh wilayah.

Berdasarkan data BPS, Bantuan Pangan tahap pertama yang disalurkan sejak April hingga Juli 2023 dan tahap kedua yang dimulai pada September 2023 lalu, telah mampu turut menjaga level inflasi nasional.

Dalam kunjungan kerja ke Provinsi Jambi, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto meninjau secara langsung penyaluran Bantuan Pangan kepada 100 Penerima Bantuan Pangan (PBP) di Gudang BULOG Pasir Putih, Kota Jambi, Sabtu (27/01). Dalam kesempatan tersebut, Menko Airlangga juga menyerahkan Bantuan Pangan secara simbolis kepada 10 PBP dengan masing-masing mendapatkan bantuan sebanyak 10 kg beras per bulan.

“Pemerintah telah memutuskan membantu untuk melepaskan Bantuan Pangan kepada 22 juta Penerima Bantuan Pangan, khusus hari ini kita lihat beras yang dikuasai BULOG Provinsi Jambi tadi saya liat stoknya aman,” ungkap Menko Airlangga.

Secara nasional untuk tahun 2023, Perum BULOG telah menyalurkan Cadangan Beras Pemerintah (CBP) untuk Program Stabilisasi Pasokan Harga Pasar (SPHP) sebanyak 1.182.717 ton beras dan untuk Program Bantuan Pangan sebanyak 1.489.286 ton beras. Khusus untuk Provinsi Jambi, penyaluran beras CBP tahun 2023 untuk Program SPHP sebanyak 28.297 ton beras dan Program Bantuan Pangan sebanyak 1.983 ton beras.

Baca Juga  Hanya Partai Golkar yang Berikan Kesempatan Pada Anak Muda

Lebih lanjut, alokasi penyaluran Bantuan Pangan tahun 2024 untuk Provinsi Jambi yakni bagi 204.458 PBP, dimana di Kota Jambi disalurkan bagi 27.283 PBP. Untuk menunjang program tersebut, ketersediaan CBP pada Perum BULOG Provinsi Jambi masih terjaga pada level yang aman.

“Jadi bantuan pangan ini akan berlanjut sampai bulan Juni 2024, nanti akan dilakukan evaluasi setiap tiga bulan,” jelas Menko Airlangga.

Selain menyaksikan penyerahan bantuan pangan, Menko Airlangga juga berkesempatan meluncurkan Pengiriman Bantuan Pangan sebanyak 2.004 ton dengan menggunakan 11 truk yang akan disalurkan ke desa atau kelurahan di wilayah Kota Jambi, Kota Muaro Jambi, dan Kabupaten Batanghari. Untuk menyalurkan Bantuan Pangan di Provinsi Jambi tersebut, Pemerintah telah menugaskan Perum BULOG sebagai penyedia komoditas dan PT Pos Indonesia sebagai transporter.

Baca Juga  Capres Partai Golkar Tetap Airlangga Hartarto, Sosok yang Bekerja Keras Pulihkan Ekonomi  

Untuk mendukung kelancaran dan kecepatan, mekanisme penyaluran bantuan pada setiap Kantor Desa maupun kelurahan dilakukan sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan oleh Perum BULOG, PT Pos Indonesia, dan perangkat daerah setempat. Dalam pelaksanaan penyaluran, PBP yang menerima akan disesuaikan dengan daftar nominatif. Selain itu, PT Pos Indonesia juga akan melakukan pembaharuan data beras yang telah disalurkan kepada PBP secara real-time sehingga dapat dipantau ketepatan alokasinya.

“Selanjutnya saya ingin menyampaikan bahwa Pemerintah sudah memutuskan Bantuan Langsung Tunai yang diberikan kepada 18 juta penduduk dan itu akan disiapkan akhir bulan ini atau awal bulan depan yang terdiri dari Rp200 ribu per bulan dan ini akan disalurkan melalui PT Pos Indonesia dan akan front loading di bulan Februari,” pungkas Menko Airlangga dalam sesi doorstop.

Turut hadir dalam kesempatan tersebut diantaranya yakni Anggota DPR RI, Gubernur Provinsi Jambi, perwakilan Perum BULOG, perwakilan PT Pos Indonesia, serta sejumlah jajaran pimpinan Provinsi dan Kota Jambi.

Email: DharmaSastronegoro@G24.News

Editor: Lala Lala

banner 325x300