Karya dan Gagasan

Mengenal Khairatun Niswa, Kader HMI Penggerak Leadership Ambidextrous

220
×

Mengenal Khairatun Niswa, Kader HMI Penggerak Leadership Ambidextrous

Share this article
Khairatun Niswa Aceh 26, Kader HMI Aceh. Foto: Ist
Khairatun Niswa Aceh 26, Kader HMI Aceh. Foto: Ist

G24NEWS.TV, JAKARTA – Sebagai pelopor HMI-Wati dari HMI Cabang Batam akan maju pada kontestasi Munaskoh di Pontianak memiliki konsep leadership Ambidextrous yang saat ini di gaungkan oleh akademisi era Industri 05 kualitas dan perananya dalam setiap gerak HMI.

Salah penggerak kegiatan ini adalah Khairatun Niswa Aceh 26. Niswa” ini memilliki motivasi untuk maju membersamai suksesnya munaskoh dan berada di posisi 01 Kohati PB HMI yang akan selenggarakan di Pontianak beberapa pekan kedepan.

Kepemimpinan ambidextrous secara harfiah ambidextrous berasal dari bahasa Latin yaitu ambi-yang berarti “kedua-duanya” dan -dextrous yang berarti “benar atau nyaman”

Niswa dalah seorang perempuan muda berdarah Melayu Medan dan Aceh yang memiliki nama lengkap unik. Dia adalah kader HMI yang berasal dari Cabang Batam Badko Riau dan Kepulauan Riau.

Definisi termiloginya adalah sikap kepemimpinan yang mampu melakukan inovasi akan tetapi tidak meninggalkan nilai-nilai yang sudah ada.

Konsep ini mengacu pada penggunaan aktivitas eksploratif dan eksploitatif secara simultan oleh para pemimpin.

Baca Juga  Persekutuan Gereja Indonesia (PGI) Minta Masyarakat Tunggu Hasil Resmi KPU

Eksplorasi mengacu pada pencarian, pengambilan risiko, eksperimen, dan inovasi dalam organisasi, sedangkan eksploitasi berkaitan dengan penyempurnaan, efisiensi, implementasi,dan eksekusi.

Pemimpin ambidextrous yang sukses harus mampu mencapai perpaduan yang tepat antara aktivitas eksploratif dan eksploitatif, yang unik untuk setiap organisasi, yang akanmengarahkan mereka pada hasil kinerja perusahaan yang tinggi.

Kohati Terapkan Artificial Intelligence

Di era yang berubah begitu cepat, Kohati harus mampu mengikuti perkembangan yang ada,yakni dunia digital bahkan Artificial Intelligence (AI).

Langkah Kohati harus mampu bertransformasi dari konfensional menuju era digitalisasi maupun Artificial Intelligence (AI)

yang mampu membawa kohati melangkah lebih jauh sebagai Kohati yang modern dan berinovasi sesuai tuntutan jaman tentunya melalui kepemimpinan Kohati Ambidextrous.

Efek positif yang akan dirasakan langsung dari kepemimpinan ambidextrous pada orientasi kewirausahaan dan inovasi yang lebih esenssial dan subtansial maka kami membuat Kohati Ambidextrous yang menyentuh, mendalam dan bersinergi pada setiap jiwa kepermpuanan HMI-wati baik didalam kampus ataupun ruang-ruang eksternal lainnya.

Baca Juga   Seni Akting: Menjelaskan Perkembangan dan Manfaat

Khairatun Niswa juga sudah menerapkan konsep tersebut di Kohati PB HMI dengan posisi saat ini sebagai wakil sekretaris umum Kewirausahaan dan Ekonomi Kreatif (Kekraf).

Adapun visi dan misi dengan konsep kohati ambidextrous adalah menjadikan Kohati sebagai organisasi yang transformatif, unggul danberwawasan global dengan kepemimpinan perempuan Ambidextrous.

Dia memiliki misi  menciptakan inovasi berbasis kreatifitas digital dan Artificial Intelligence (AI) dalam kerja-kerja organisasi.

Mengintegrasikan kinerja bidang-bidang untuk menyelesaikan program kerja bersama.

Serta, membangun komunikatif kelembangan organisasi yang inklusif antar organisasi lainya serta lembaga pemerintah dan lemaga stakeholder terkait.

Agar konsep dan semangat motivasi tersebut akan dapat terealisasikan dengan dukungan seluruh HMI se-Indonesia khusus HMI Badko Riau-Kepri, Badko Sumut dan BADKO Aceh untuk membersamai suksesnya konsep tersebut bersama Niswa Aceh 26 dan konsep modern yaitu Kohati Ambidextrous pada 01 Kohati PB periode 2023-2026.

Email: Nyomanadikusuma@G24 News

Editor: Lala Lala

banner 325x300