HeadlineNasional

Memimpin di Usia Muda, Ini Cerita Nita Blegur dan Sekar Tandjung

578
×

Memimpin di Usia Muda, Ini Cerita Nita Blegur dan Sekar Tandjung

Share this article
Nita Blegur dan Sekar Tandjung
Nita Blegur dan Sekar Tandjung

G24NEWS.TV, JAKARTA — Nita Blegur dan Sekar Tandjung sama-sama merasa deg-degan saat terpilih sebagai Ketua DPD Golkar di wilayahnya masing-masing.

Kedua tokoh perempuan muda ini hadir berbagi cerita mengenai kepemimpinan perempuan di partai politik Kamis (11/5) secara live di @kabargolkar.

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Kabar Golkar Official (@kabargolkar)

Nita Blegur, perempuan yang memiliki nama lengkap Aksa Yuniorita Blegur terpilih secara aklamasi menjadi Ketua DPD Golkar kabupaten Alor, Nusa Tenggara Timur dalam Musyawarah Daerah Luar Biasa, (29/4).

Perempuan yang kerap disapa Nita Blegur ini akan membawa estafet kepemimpinan Dewan Pertimbangan Daerah (DPD) Golkar periode 2023 – 2025.

Sedangkan Sekar Tandjung dipercaya sebagai Ketua DPD Golkar Kota Surakarta pasca terpilih dalam Musdalub yang digelar 16 April lalu.

Sebagai tokoh perempuan muda Golkar yang baru terpilih sebagai pemimpin, Nita Blegur dan Sekar Tanjung berbagi pandangannya seputar cita-cita dan harapan yang akan dicapai.

Apa yang Terbesit di Pikiran saat Terpilih Menjadi Ketua DPD Golkar?

Kedua tokoh perempuan ini mengaku deg-degan dan takut saat diberi amanah memimpin di usia muda.

Sekar Tanjung, yang terpilih sebagai Ketua DPD Golkar Kota Surakarta ini mengaku deg-degan dan takut.

Sekar Tanjung memegang bendera Golkar
Ketua DPD Golkar Kota Surakarta Sekar Tanjung

“Lama kelamaan, karena dukungan, semangat dan keyakinan maka optimis saja. Kalau kita kerja keras, berhasil membangun suatu konsensus atau semangat kerja sama yang tinggi secara internal pasti bisa,” ungkap Sekar, yang juga puteri bungsu tokoh Golkar, Akbar Tandjung.

Baca Juga  Erwin Aksa: Pers Penting untuk Perkuat Demokrasi dan Tingkatkan Kualitas Jurnalisme

Nita Blegur juga mengungkapkan hal yang sama. Dia merasa deg-degan meskipun sudah pernah diberi amanah menjabat sebagai Pelaksana Tugas (Plt) sejak Juli 2022.

“Deg-degan sudah pasti, tetapi tidak pernah terbesit akan menjadi Ketua Definitif,” kata Nita Blegur.

Seiring berjalannya waktu, lanjutnya, dan telah memasuki tahapan pemilihan umum dan mengharuskan posisi ketua DPD harus terisi.

“Harus ada Ketua Definitif, kita diinstruksikan oleh partai untuk maju dalam bursa pemilihan,” lanjutnya.

Nita Blegur
Ketua DPD Golkar Kabupaten Alor Nita Blegur

Nita Blegur memanfaatkan momen dan amanah yang diberikan partai untuk memimpin.

“Latar belakang orang tua yang mantan pimpinan Partai Golkar, deg-degan nya luar biasa. Apalagi Partai Golkar itu tanggung jawabnya besar, tetapi bagi saya momen itu kadang-kadang tidak terulang dua kali,” tuturnya.

Bagaimana Upaya Meyakinkan Diri?

Sekar Tandjung membeberkan upaya meyakinkan diri saat diberi amanah memimpin sebagai Ketua Definitif, salah satunya dengan berdoa.

Ia tak menampik kehidupan keluarga yang akrab dengan dunia politik penting sebagai support system, namun perlu kemauan diri yang besar.

“Untuk mengemban amanah sebesar ini butuh kemauan intrinsiknya harus besar sekali. Memang kita lahir dalam keluarga yang sudah terekspos dengan dunia politik, tapi untuk mengemban amanah sebesar ini kalau tidak ada keinginan dari diri sendiri itu tidak mungkin bisa, walaupun support system mendukung.

Baca Juga  Tabrakan KA Brantas dan Truk Kontainer di Semarang, Tidak Ada Korban Jiwa

Menurutnya, restu dari kedua orang tua serta dukungan dari lingkungan internal Golkar Solo berperan penting dalam meyakinkan diri Sekar Tandjung untuk mengemban amanah sebagai pemimpin.

“Dukungan dari kader-kader internal Partai Golkar dan ekosistem partai Golkar solo yang menguatkan dan meyakinkan bahwa saya pasti bisa,” tuturnya.

Nita Blegur juga melakukan upaya yang sama dengan Sekar Tanjung untuk meyakinkan diri dengan berdoa kepada Tuhan.

“Sama seperti kak Sekar Tanjung, berdoa, minta kepada Tuhan karena tanpa perkenanan Tuhan tidak akan bisa melakukan ini. Senior saja sulit ya, apalagi kita yang muda-muda ini,” ungkapnya.

Mengemban amanah sebagai pemimpin saat memasuki injury time tahapan Pemilu 2024, tuturnya, merupakan beban besar yang harus diemban sebaik-baiknya.

Support keluarga pastinya, orang tua, teman-teman dan kakak-kakak, minta dukungan kepada senior golkar Alor,” lanjutnya.

Ketua DPD Golkar Alor ini menuturkan dirinya menginginkan aspirasi dari bawah dan bekerja sama dalam memimpin Golkar.

“Gabungan dari itu semua membuat yakin untuk mengambil resiko dan tanggungjawab,” kata Nita.

Nita Blegur dan Sekar Tanjung dalam Siaran Langsung Instagram di @kabargolkar
Nita Blegur dan Sekar Tanjung

 

banner 325x300