Kesehatan

Mata Capek Seharian Depan Laptop? 7 Tips Jaga Matamu Tetap Sehat Saat Kerja

195
×

Mata Capek Seharian Depan Laptop? 7 Tips Jaga Matamu Tetap Sehat Saat Kerja

Share this article
mata capek
Ilustrasi mata capek/https://pin.it/7LD8lt9

G24NEWS.TV, JAKARTA – Kamu pasti udah nggak asing lagi dengan dunia digital yang makin canggih dan serba terkoneksi, kan? Kita sekarang hidup di era di mana teknologi digital menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan sehari-hari. Smartphone, laptop, dan komputer adalah barang wajib yang selalu ada di tangan kita. Tapi, apakah kamu tahu bahwa penggunaan perangkat digital secara berlebihan bisa menyebabkan masalah kesehatan mata? Yup, mata lelah atau biasa disebut dengan istilah Computer Vision Syndrome (CVS) bisa jadi salah satunya. Nah di artikel kali ini, kita bakal bahas tentang tips-tips santai yang bisa membantu kamu mengurangi risiko mata lelah di era digital ini. Yuk, simak!

  1. Istirahat yang Cukup

Pertama-tama, kamu harus paham bahwa istirahat yang cukup sangat penting untuk menjaga kesehatan mata. Setelah berjam-jam menatap layar digital, mata kita

Kacamata

butuh waktu untuk beristirahat dan memulihkan diri. Jadi, jangan lupa memberi waktu istirahat yang cukup bagi mata kamu, ya. Lakukan istirahat sejenak setiap 20-30 menit dengan mengalihkan pandangan ke objek yang jauh atau menutup mata sebentar. Selain itu, pastikan juga kamu tidur yang cukup setiap malam agar mata kamu bisa beristirahat dengan baik.

  1. Jaga Jarak dengan Layar

Mengatur jarak antara mata dan layar juga penting. Pastikan kamu menjaga jarak minimal 50-70 cm antara mata dan layar perangkat digitalmu. Jarak yang tepat akan membantu mengurangi tekanan pada mata dan menghindari kelelahan mata.

  1. Gunakan Anti Silau atau Blue Light Blocking Glasses

Jika kamu menghabiskan banyak waktu di depan layar digital, menggunakan kacamata anti silau atau blue light blocking glasses bisa menjadi pilihan yang baik. Kacamata ini dirancang khusus untuk melindungi mata dari silau dan cahaya biru yang dipancarkan oleh layar digital. Dengan mengenakan kacamata ini, kamu bisa merasa lebih nyaman dan mengurangi risiko mata lelah.

  1. Gunakan Fitur Reduksi Cahaya Biru pada Perangkat Digital

Cahaya biru yang dipancarkan oleh layar digital bisa mempengaruhi kualitas tidur dan kesehatan mata kita. Nah, untuk mengurangi risiko mata lelah, kamu bisa memanfaatkan fitur reduksi cahaya biru yang tersedia pada perangkat digitalmu. Fitur ini akan mengurangi intensitas cahaya biru yang dipancarkan oleh layar sehingga mata kamu lebih nyaman saat menggunakannya.

  1. Lakukan Latihan Mata

Ngobrol atau nonton video lucu sambil melihat ke atas. Yap, itu adalah salah satu latihan sederhana yang bisa kamu lakukan untuk menjaga kesehatan mata. Kamu juga bisa melakukan latihan lainnya seperti mengedipkan mata secara aktif, menggerakkan bola mata dari kiri ke kanan, dan melihat objek yang berbeda jaraknya untuk melatih fokus mata. Jadi, jangan malas untuk meluangkan waktu sejenak untuk melakukan latihan mata ini, ya.

  1. Perbanyak Konsumsi Makanan yang Baik untuk Mata

Selain menjaga kebiasaan dan penggunaan perangkat digital, pola makan yang sehat juga penting dalam menjaga kesehatan mata. Konsumsi makanan yang kaya akan vitamin A, C, E, omega-3, dan antioksidan dapat membantu menjaga kesehatan mata. Beberapa contoh makanan yang baik untuk mata antara lain wortel, bayam, ikan salmon, kacang almond, dan blueberry. Jadi, jangan lupa untuk menyertakan makanan-makanan ini dalam diet kamu.

  1. Rutin Periksakan Mata ke Dokter

Terakhir, jangan lupa untuk rutin memeriksakan mata ke dokter spesialis mata. Dokter mata bisa membantu mengevaluasi kesehatan mata kamu dan memberikan saran yang sesuai. Jika kamu memiliki keluhan atau masalah kesehatan mata, segera konsultasikan dengan dokter mata agar bisa mendapatkan penanganan yang tepat.

Baca Juga  Butuh Solusi untuk Rambutmu? Coba 10 Tips Alami Atasi Masalah Rambut

Nah, itu dia beberapa tips santai yang bisa membantu kamu mengurangi risiko mata lelah di era digital ini. Ingatlah untuk selalu menjaga kesehatan mata agar tetap prima dan nyaman saat menggunakan perangkat digital. Selamat menjaga kesehatan mata dan tetap stylish di dunia digital!

banner 325x300