HeadlineNasional

Masyarakat Cenderung Puas dengan Kinerja Pemerintahan Jokowi

114
×

Masyarakat Cenderung Puas dengan Kinerja Pemerintahan Jokowi

Share this article
Presiden Jokowi di tengah sebuah loket rumah sakit
Presiden Jokowi di tengah sebuah loket pelayanan rumah sakit, hasil survei menunjukkan masyarakat cenderung puas dengan kinerja presiden Jokowi.

G24NEWS.TV, JAKARTA – Masyarakat Indonesia cenderung puas dengan kinerja pemerintahan Presiden Joko “Jokowi” Widodo dan Wakil Presiden Ma’ruf Amin, ungkap hasil survei Algoritma Research & Consulting terbaru.

Survei Algoritma dilakukan pada 19 hingga Desember 2022 dilakukan terhadap 1.214 responden yang memiliki hak pilih. Hasilnya sebanyak 61,3 persen responden merasa puas dengan kinerja Presiden Jokowi. 

Selain itu sebanyak 24 persen responden menyatakan biasa saja dan hanya 12,1 persen yang merasa tidak puasa. Sedangkan 2,6 persen sisanya menyatakan tidak tahu/tidak jawab.

Kondisi penyelenggaraan pemerintahan seperti menjamin kebebasan beragama/berkeyakinan, pelayanan kesehatan, pelayanan pendidikan dan penyediaan infrastruktur dipersepsi relatif baik oleh masyarakat,” ujar Direktur Riset dan Program Algoritma Fajar Nursahid Research & Consulting di Jakarta dalam siaran pers (Senin 23/1). 

Baca Juga  Ledakan di Polsek Astanaanyar Bandung, Dikonfirmasi Serangan Bom Bunuh Diri

Selain itu responden juga menyatakan puas dengan kinerja dalam peningkatan pelayanan kesehatan, peningkatan pelayanan pendidikan. 

Kinerja Jokowi soal Bansos juga Membuat Masyarakat Puas

Pembangunan infrastruktur merupakan program yang dianggap paling berhasil di mata masyarakat termasuk penyelenggaraan bantuan sosial.

“Namun ada polarisasi masyarakat penerima bantuan dan non-penerima bantuan, yang memungkinkan terjadinya perbedaan pendapat di antara kedua kelompok masyarakat tersebut,” ujar dia. 

Sebanyak 63 persen responden juga yakin kinerja pemerintahan Jokowi dalam sisa periodenya dua tahun ke depan dapat lebih baik lagi.  

“Tingkat kepuasannya berada di angka yang relatif moderat,” ujar dia. 

“Ada beberapa sektor atau bidang yang secara kepuasan itu paling rendah dan paling buruk, misalnya yang paling buruk adalah pemberantasan korupsi,” ujar dia. 

Baca Juga  Ini Perkiraan Pembukaan Pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 50, Kapan Sih?

Sebanyak 84,9 persen responden mempersepsikan positif atau baik citra Presiden Jokowi, sedangkan Wakil Presiden Ma’ruf Amin meraih citra positif publik sebesar 65,1 persen.

“Ini menjadi angka yang sebetulnya cukup optimistis bagaimana publik masih bisa memberikan harapan yang cukup besar pada pemerintahan di sisa periode dua tahun ke depan,” jelasnya.

Survei ini memiliki toleransi atau batas kesalahan (“margin of error”) sekitar 3 persen dan tingkat kepercayaan 95 persen. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara tatap muka secara langsung dengan responden menggunakan kuesioner.

 

banner 325x300