Politik

Manfaat e-SPIP dalam Proses Pemilu 2024

142
×

Manfaat e-SPIP dalam Proses Pemilu 2024

Share this article
Manfaat e-SPIP dalam Proses Pemilu 2024
Manfaat e-SPIP dalam Proses Pemilu 2024

G24NEWS.TV, JAKARTA – KPU sebagai organisasi perlu menyiapkan mekanisme atau sistem pengendalian yang berisi bermacam analisis resiko dan memaparkan manfaat e-SPIP dalam pemilu

Pengelolaan analisis resiko melalui aplikasi e-Sistem Pengendalian Internal Pemerintah (e-SPIP ) tersebut penting untuk KPU.

Hal ini disampaikan Ketua KPU Hasyim Asy’ari dalam sambutan Sosialisasi dan Bimbingan Teknis Aplikasi e-SPIP, di Jakarta, Senin (9/10/2023).

Menurut Hasyim, penting bagi KPU untuk bekerja sesuai SOP, agar seluruh pekerjaan dapat terukur dengan baik dan melaporkan seluruh pekerjaan yang telah dilakukan sebagai potret hasil kerja-kerja kepemiluan.

Baca Juga  KPU Selesaikan Rekapitulasi Hitung Suara di 127 Wilayah Luar Negeri, Prabowo-Gibran Unggul

“Untuk itu KPU menyiapkan SPIP secara elektronik yang relatif akan lebih memudahkan dan sebagai kontrol, apakah kerja kita sudah efektif atau belum, sudah sesuai SOP atau belum, apakah capaian-capaian yan dirumuskan sudah tercapai atau tidak,” kata Hasyim.

Sebelumnya, Kepala Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan Republik Indonesia (BPKP-RI) yang diwakili oleh Deputi Bidang Pengawasan Instansi Pemerintah Bidang Polhukam, Pembangunan Manusia, dan Kebudayaan, Iwan Taufiq Purwanto menyampaikan bahwa BPKP selaku auditor internal Pemerintah akan mengawal kegiatan dan akuntabilitas penyelenggaraan Pemilu dan Pilkada Serentak Tahun 2024.

Baca Juga  MUI Ajak Masyarakat Tetap Jaga Kerukunan Selama Tunggu Hasil Real Count Pemilu 2024 dari KPU

BPKP selaku Aparat Pengawasan Intern Pemerintah (APIP) yang juga berkolaborasi dengan APIP Kementerian/Lembaga dan Pemerintah Daerah Seluruh Indonesia. “Melalui kolaborasi dan sinergitas, dapat meningkatkan diharapkan dapat meningkatkan apa yang kita inginkan dan terjaganya akuntabilitas,” kata Iwan.

Acara dilanjutkan dengan peluncuran Aplikasi e-SPIP di Lingkungan KPU oleh Ketua, Anggota dan Sekretaris Jenderal KPU.

Turut hadir jajaran pejabat Eselon I dan II Setjen KPU, Ketua, Anggota KPU dan Sekretaris KPU Provinsi dan KPU Kabupaten/Kota seluruh Indonesia.

Email: DharmaSastronegoro@G24.News
Editor: Lala Lala

banner 325x300