Lifestyle

Manfaat Dongeng untuk Pertumbuhan dan Perkembangan Anak, Simak Ya Bunda

246
×

Manfaat Dongeng untuk Pertumbuhan dan Perkembangan Anak, Simak Ya Bunda

Share this article
Dongeng Si Kabayan Cerita Rakyat Sunda Jawa Barat
Dongeng Si Kabayan Cerita Rakyat Sunda Jawa Barat (Foto by: PPID Kota Bandung)

G24NEWS.TV, JAKARTADongeng adalah cerita khayalan atau imajinatif atau cerita yang tidak benar-benar terjadi, biasanya dibaca sebagai pengantar tidur, ternyata penting untuk perkembangan anak.

Orang tua membacakan cerita tersebut untuk menemani sang anak sampai tertidur. Cerita dalam dongeng biasanya fiktif atau khayalan ini mengandung pesan moral tertentu yang ringan. Pesan moral tersebut digambarkan dalam jalan cerita maupun karakter cerita dongeng.

Cerita Dongeng Sebagai Pendekatan Pembelajaran Anak

Tahukah kamu pembacaan dongeng punya banyak manfaat bagi pertumbuhan dan perkembangan anak? Dongeng dapat menjadi pendekatan pembelajaran yang menyenangkan bagi anak. Banyak cerita menarik yang dapat digambarkan dalam proses cerita fiktif tersebut sehingga anak lebih mudah menyerap informasi yang disampaikan.

Anak-anak yang mendengarkan cerita yang disampaikan orang tuanya cenderung mengingat pesan maupun nilai moral selama bertahun-tahun. Hal itu dikarenakan cerita imajinatif terekam kuat dalam memori anak.

Baca Juga  Antonio Vivaldi: Maestro Musik Barok yang Menginspirasi

Dikutip dari halodoc.com, dongeng bermanfaat positif bagi anak diantaranya sebagai berikut:

  1. Membantu Penanaman Nilai dan Pengembangan Moral. Cerita dongeng terdapat tokoh baik dan buruk dengan alur cerita dan pesan moral tertentu. Pesan moral yang disampaikan biasanya mengenai kebaikan yang menang melawan kejahatan. Nilai tersebut relevan di dunia nyata sehingga anak-anak lebih mudah memahami dan mengambil pesan dari cerita dongeng tersebut.
  2. Mendukung Perkembangan Sensorik dan Kognitif. Pembacaan dongeng biasanya dilakukan dengan santai namun anak-anak biasa mendengarkan dengan konsentrasi dan kemampuan mendengarkan yang baik, ingatan yang kuat dan pemahaman bahasa yang luas dan baik.
  3. menumbuhkan Kreativitas dan Meningkatkan Imajinasi. Cerita dongeng dapat membangun dan menyebarkan imajinasi anak. Dari cerita yang dibacakan, terjadi stimulasi otak anak untuk berimajinasi yang baik dalam melatih intelektual dan perkembangan kognitif. Banyak pertanyaan yang mungkin dilontarkan anak mengenai visualisasi karakter yang ada dalam cerita imajinatif tersebut. Anak-anak akan terbawa imajinasi dan khayalan bagaimana sebuah cerita tersebut dapat terjadi.
  4. Melatih Empati. Empati merupakan keadaan dimana seseorang merasakan pikiran, perasaan, atau keadaan yang sama dengan orang lain. melalui cerita dongeng yang menggambarkan pentingnya menghormati semua makhluk, menghargai keragaman fisik, dan menempatkan semua orang pada alas yang sama. Sehingga, anak dilatih untuk berempati dengan orang lain.
Baca Juga  10 Inspo Modern dan Trendy untuk Gaya Hijabmu! Cocok Dengan Yang Mana?

Daftar Cerita Dongeng Menarik

Berikut beberapa dongeng yang menarik dibacakan untuk anak sebelum tidur:

  1. Si Kancil
  2. Kisah Bawang Merah dan Bawang Putih
  3. Cinderella dan Sepatu Kaca
  4. Putri Salju dan Tujuh Kurcaci
  5. Malin Kundang
  6. Legenda Timun Mas
  7. Si Kabayan

Itulah beberapa judul dongeng yang bisa diceritakan kepada anak. Jangan lupa sampaikan pesan moralnya ya!

banner 325x300