Lifestyle

Mandi Sebelum Ramadhan, Simak Ini Tata Caranya

247
×

Mandi Sebelum Ramadhan, Simak Ini Tata Caranya

Share this article
Dua orang anak mandi di sungai
Ilustrasi: Dua orang anak mandi di sungai. Berikut tata cara mandi sebelum masuk Ramadhan. (Foto Pixabay)

 

G24NEWS.TV ,JAKARTA– Mandi sebelum puasa Ramadhan adalah sebuah tradisi yang dilakukan oleh umat muslim sebagai salah satu persiapan menyambut bulan suci Ramadhan, tapi sebenarnya tidak ada kewajiban secara syariah untuk menjalankannya.

Ramadhan adalah bulan yang sangat istimewa bagi umat muslim,  selama satu bulan penuh umat muslim berpuasa mulai dari terbit fajar hingga terbenam matahari. Puasa saat Ramadhan merupakan salah satu rukun Islam yang wajib dilaksanakan oleh setiap muslim dewasa yang sehat dan mampu.

Mandi sebelum Ramadhan adalah salah satu kebiasaan yang sangat dianjurkan dalam Islam. Mandi sebelum Ramadhan tidak hanya untuk membersihkan diri dari kotoran dan debu, tetapi juga untuk membersihkan jiwa dan mempersiapkan diri untuk memasuki bulan suci.

Tata cara mandi sebelum Ramadhan :

Niat mandi

Sebelum memulai mandi, sebaiknya umat muslim mengucapkan niat mandi. Niat ini sangat penting karena akan membuat mandi menjadi lebih bermakna dan bernilai ibadah.

Baca Juga  Ini Persiapan yang Perlu Dilakukan Pengurus Masjid Jelang Ramadhan

Bersihkan diri dari kotoran dan najis

Sebelum mandi, pastikan bahwa tubuh sudah bersih dari kotoran dan najis. Umat muslim juga disarankan untuk membersihkan gigi dan menggosok lidah dengan sikat gigi.

Wudhu

Sebelum mandi, umat muslim disarankan untuk melakukan wudhu terlebih dahulu. Wudhu adalah proses membersihkan diri dengan air yang wajib dilakukan sebelum shalat.

Basahi seluruh tubuh dengan air

Setelah melakukan wudhu, basahi seluruh tubuh dengan air. Mulai dari kepala hingga ujung kaki. Pastikan seluruh tubuh terkena air.

Gunakan sabun atau shampoo

Setelah seluruh tubuh terkena air, gunakan sabun atau shampo untuk membersihkan tubuh. Pastikan sabun atau shampo yang digunakan halal dan tidak mengandung bahan-bahan yang haram.

Bilas tubuh dengan air bersih

Setelah menggunakan sabun atau shampo, bilas tubuh dengan air bersih hingga tidak ada lagi sisa sabun atau shampo yang menempel di tubuh.

Baca Juga  Ini Tips Puasa Ramadhan agar Tetap Bugar dan Berenergi Seharian

Perhatikan bagian-bagian tertentu

Ada beberapa bagian tubuh yang perlu diperhatikan secara khusus saat mandi sebelum Ramadhan, yaitu:

    • Membersihkan kumis dan jenggot
    • Membersihkan bagian dalam telinga dengan cotton bud
    • Membersihkan selangkangan dan area genital
    • Membersihkan kaki dan sela-sela jari kaki

Keringkan tubuh dengan handuk bersih

Setelah mandi, keringkan tubuh dengan handuk bersih dan kering. Pastikan tidak ada air yang tersisa di tubuh.

Mandi sebelum Ramadhan adalah sebuah tradisi yang sangat dianjurkan dalam Islam. Selain membersihkan tubuh dari kotoran dan najis, mandi juga dapat membersihkan jiwa dan mempersiapkan diri untuk menyambut bulan suci Ramadhan. Oleh karena itu, sebaiknya umat muslim mengikuti tata cara tersebut.

 

 

banner 325x300