Politik

Mahfud MD Ingatkan TNI-Polri Harus Jaga Netralitas di Pemilu

134
×

Mahfud MD Ingatkan TNI-Polri Harus Jaga Netralitas di Pemilu

Share this article
Cawapres 2024 nomor urut 3 Mahfud MD. Foto: Ist
Cawapres 2024 nomor urut 3 Mahfud MD. Foto: Ist

G24NEWS.TV, JAKARTA – Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan Indonesia (Menkominfo) Mahfud MD meminta instansi TNI-Polri menjaga netralitas dalam penyelenggaraan Pemilu 2024.

Mahfud MD mengatakan netralitas TNI-Polri sangat penting di dalam pelaksanaan Pemilu ini.

Dalam Rapat Koordinasi Persiapan Operasi Mantap Brata 2023-2024 dalam Rangka Pemenangan Pemilu Tahun 2024 di The Tribrata, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, pekan lalu, dia menegaskan TNI-Polri harus menanamkan netralitas terhadap setiap anggotanya.

Netralitas, paparnya, harus ditanamkan dari sejak pendidikan dan harus berkelanjutan di dalam tugas karena posisi TNI-Polri adalah untuk kepentingan bangsa dan negara, bukan untuk kepentingan parpol.

Dia menjelaskan keterlibatan TNI-Polri di dalam Pemilu akan membuat kualitas demokrasi menjadi terganggu.

Baca Juga  Prabowo Ingatkan Jangan Menjelekkan Capres-Cawapres Lain

“Kalau ada keterlibatan dan tidak netral dapat menimbulkan masalah yang ujungnya dapat mempengaruhi legitimasi masyarakat terhadap hasil Pemilu,” ujar Mahfud MD.

Jaga Kesatuan TNI-Polri

Di sisi lain, die mengemukakan keterlibatan TNi-Polri adalah memastikan keamanan dan kesuksesan Pemilihan Umum dengan menjadi kesatuan yang solid.

Dia memaparkan setidaknya ada dua cara TNI-Polri mensukseskan Pemilu

Pertama,  Polri harus solid, tidak ada lagi blok-blokan, patron patronan dan lain sebagainya.

Kedua,  walaupun kepercayaan publik terhadap Polri mengalami kenaikan, saat ini di atas 70 persen namun Polri tetap harus berbenah diri dan melakukan reformasi di seluruh aspek organisasi,” ucapnya.

Penegakan hukum harus adil, ujarnyam tidak tajam ke bawah tapi tumpul ke atas.

Baca Juga  Mahfud Minta Ormas Islam Kawal Pemilu 2024

Polri harus dapat beradaptasi melakukan inovasi-inovasi di berbagai bidang dan jadilah Bhayangkara yang sejati yang mengabdi tanpa henti kepada masyarakat bangsa dan negara untuk kemajuan Indonesia.

Mahfud mengatakan Polri harus menjamin pelaksanaan Pemilu berlangsung dalam suasana aman. Dia mengatakan saat ini masa-masa krusial Pemilu sudah dimulai.

“Seluruh aparat kepolisian yang bertugas di pusat maupun di wilayah-wilayah harus segera mengencangkan ikat pinggang, karena tahapan pemilu saat ini sudah memasuki masa yang krusial,” jelas dia.

Mahfud mengatakan fase kampanye rawan memicu gesekan atau konflik di tengah masyarakat. Mahfud mengatakan Polri harus berhati-hati dan bertindak adil.

Email: Nyomanadikusuma@G24 News

Editor: Lala Lala

banner 325x300