Nasional

Lodewijk F. Paulus: DPR Fokus 12 Kejadian Penting dalam Masa Persidangan IV/2022-2023

232
×

Lodewijk F. Paulus: DPR Fokus 12 Kejadian Penting dalam Masa Persidangan IV/2022-2023

Share this article
Wakil Ketua DPR RI, Lodewijk F. Paulus pada saat Rapat Paripurna Masa Persidangan IV Tahun Sidang 2022-2023 (14/3). Foto: dpr.go.id Runi/nr.
Wakil Ketua DPR RI, Lodewijk F. Paulus pada saat Rapat Paripurna Masa Persidangan IV Tahun Sidang 2022-2023 (14/3). Foto: dpr.go.id Runi/nr.

G24NEWS.TV, JAKARTA — Wakil Ketua DPR RI Lodewijk F. Paulus menyampaikan 12 poin yang akan menjadi fokus DPR RI pada Masa Persidangan IV Tahun Sidang 2022-2023, Selasa (14/3). Poin-poin tersebut menjadi perhatian bersama yang didasari dinamika yang berkembang di masyarakat.

“Dari 12 poin ini bisa disampaikan, pertama, kejadian luar biasa masalah makanan. Keracunan makanan itu juga akan menjadi perhatian kita. Kedua, maraknya kasus perundungan dan kekerasan terhadap anak, belakangan ini kita merasakan hal-hal yang tidak sepantasnya terjadi,” jelas Lodewijk F Paulus yang juga Sekjen Partai Golkar kepada awak media pada Konferensi Pers pasca Rapat Paripurna DPR RI ke-18 Masa Persidangan IV Tahun Sidang 2022-2023.

Poin pertama, kejadian luar biasa terkait keracunan makanan. Kedua, kasus perundungan dan kekerasan terhadap anak. Ketiga, permasalahan finalisasi penataan tenaga kerja non aparatur sipil (honorer). Poin keempat, pengawasan keamanan pangan yang belum terpadu. Hal tersebut menurutnya tidak hanya masalah terpadu melainkan juga dilatarbelakangi oleh perubahan iklim.

Baca Juga  Paripurna DPR Sepakat Perpanjang Pembahasan 6 RUU

“Ini bukan masalah saja tidak terpadunya, tetapi kita tahu dengan perubahan cuaca yang luar biasa ini, climate change,” lanjut Lodewijk.

Poin kelima, mengenai kenaikan harga beras dan pangan menjelang Bulan Ramadhan dan Idul Fitri. Keenam, kenaikan harga BBM non subsidi di beberapa wilayah Indonesia.

Ketujuh, mengenai pembangunan infrastruktur di Ibu Kota Negara (IKN).  Kedelapan, percepatan perizinan kegiatan besar melalui digitalisasi. Kesembilan, kebakaran di depo Pertamina Plumpang, Jakarta Utara, yang diharapkan solusi untuk mengatasinya.

Kesepuluh, polemik putusan Pengadilan Negeri Jakarta Pusat mengenai penundaan pemilu 2024. Kesebelas, peningkatan partisipasi Pemilihan Umum 2024 yang diharapkan dapat lebih tinggi lagi dibanding 2019.

Baca Juga  Prabowo Berharap Industri Pertahanan RI Mampu Buat Kapal Perang Destroyer

Keduabelas, permasalahan atau polemik oknum pejabat/ASN di Kementerian Keuangan yang tidak sepadan dengan profil jabatannya.

“Serta masalah kekayaan oknum pejabat ASN di Kementerian Keuangan yang tidak sesuai dengan profilnya,” ujar Lodewijk kepada awak media.

Politisi Partai Golkar Dapil Lampung 1 tersebut menyampaikan 12 poin yang menjadi perhatian yang perlu dicermati oleh anggota maupun Alat Kelengkapan Dewan (AKD) DPR RI untuk segera ditindaklanjuti di Masa Sidang.

“Nah itu 12 poin menjadi perhatian kita bersama. Itu menjadi warning untuk anggota DPR, pada AKD yang ada, untuk segera bertindak dalam masa sidang yang kita lakukan pada saat ini,” tutup Lodewijk.

 

 

banner 325x300