Legislator Golkar Dukung KTP untuk Pembelian Gas LPG 3 Kg

39
×

Legislator Golkar Dukung KTP untuk Pembelian Gas LPG 3 Kg

Share this article
Ilustrasi PGN. Foto: Ist
Ilustrasi PGN. Foto: Ist

G24NEWS.TV, JAKARTA –   Anggota DPRD Palangka Raya, Norhaini mendukung kebijakan penggunaan KTP untuk pembelian gas LPG 3 KG

Pemerintah melalui Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) telah membuat kebijakan terkait pembelian gas LPG 3 kg, yang diwajibkan menggunakan KTP per 1 Januari 2024.

Nantinya, hanya masyarakat terdata yang boleh membeli gas subsidi tersebut. Hal tersebut, mendapat dukungan dari Anggota DPRD Palangka Raya, Norhaini.

Pasalnya persyaratan KTP tersebut, dinilai dapat mengetahui terkait siapa, di mana dan berapa volume penggunaan gas melon 3 kilogram tersebut.

“Dengan sistem ini akan terdata siapa yang membeli secara berlebihan dan mencurigakan. Jadi penggunaan KTP ini akan membantu dalam aspek pengawasan, agar distribusi gas melon 3 kilogram semakin tepat sasaran,” katanya, Rabu, 27 Desember 2023.

Pasalnya, selama ini karena distribusi gas LPG 3 kilogram bersifat terbuka maka siapa saja dapat membeli dan dengan jumlah yang tidak diketahui.

Untuk itu, lanjut Politisi Partai Golkar ini berharap, pengawasan pun diperketat bukan hanya di tingkat pembeli atau pengecer tersebut. Melainkan yang lebih penting juga dilakukan di tingkat agen dan pangkalan.

“Karena penyimpangan seringkali terjadi di tingkat ini, di mana pengoplos langsung mengambil gas melon 3 kilogram dari agen atau pangkalan,” pungkasnya.

Mulai 1 Januari 2024 mendatang, pembelian LPG Tabung 3 Kg hanya dapat dilakukan oleh pengguna LPG Tertentu yang telah terdata. Bagi pengguna LPG Tabung 3 Kg yang belum terdata atau ingin memeriksa status pengguna, wajib mendaftar atau memeriksa data diri di Sub Penyalur/Pangkalan resmi sebelum melakukan transaksi.

Langkah tersebut merupakan upaya Pemerintah untuk pelaksanaan transformasi pendistribusian LPG Tabung 3 kg tepat sasaran. Kebijakan ini bertujuan agar besaran subsidi yang terus meningkat dapat dinikmati sepenuhnya oleh kelompok masyarakat tidak mampu atau tepat sasaran.

Oleh karena itu, Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi Tutuka Ariadji menghimbau masyarakat yang belum terdata agar segera mendaftar sebelum melakukan pembelian LPG Tabung 3 Kg. Untuk mendaftar, masyarakat hanya perlu menunjukkan Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan Kartu Keluarga (KK) di Penyalur/Pangkalan resmi.

Email: DharmaSastronegoro@G24.News

Editor: Lala Lala

banner 325x300