Nasional

Legislator Golkar Berharap Bisa Maksimal Perjuangkan Aspirasi Rakyat

191
×

Legislator Golkar Berharap Bisa Maksimal Perjuangkan Aspirasi Rakyat

Share this article
Legislator Golkar Berharap Bisa Maksimal Perjuangkan Aspirasi Rakyat
Legislator Golkar Berharap Bisa Maksimal Perjuangkan Aspirasi Rakyat

G24NEWS.TV, JAKARTA – Anggota Komisi II DPR RI Agung Widyantoro berharap semoga DPR RI Semakin menjadi parlemen modern dan maksimal dalam memperjuangkan aspirasi rakyat.

Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) pada 29 Agustus 2023 genap berusia 78 tahun.

”DPR RI hari ini Merayakan hari jadinya yang ke 78. Saya berharap semoga DPR RI Semakin menjadi parlemen modern dan bisa mewujudkan sebagai rumah rakyat yang mampu mengartikulasikan banyak masukan dan aspirasi dari masyarakat,” jelas Agus.

Diketahui, DPR RI telah mendapatkan ribuan aspirasi dari masyarakat yang telah disampaikan kepada Alat Kelengkapan Dewan (AKD).

Sejak tanggal 16 Agustus 2022 hingga 25 Juli 2023, DPR telah menerima 4.603 aduan rakyat melalui surat fisik dan 255 surat melalui website.

Baca Juga  Jokowi: Dari Rp10 M Anggaran Stunting, Rp6 M Habis untuk Dinas

Untuk itu, Politisi Fraksi Partai Golkar ini juga berharap DPR bisa meningkatkan peran baik, serta tugas dan fungsinya demi kepentingan rakyat Indonesia.

”Pada bagian lain, Saya berharap mudah-mudahan di hari ulang tahun ke-78 ini ke depan DPR RI bisa lebih meningkatkan perannya baik, dari sisi tugas pokok fungsinya, dalam konteks pengawasan pemerintahan, kemudian penyusunan regulasi, dan juga konteks politik anggaran. demikian dan dirgahayu DPR RI,” tutupnya.

Sejarah terbentuknya DPR RI secara garis besar dapat dibagi menjadi tiga periode:

  1. Volksraad
  2. Masa perjuangan Kemerdekaan
  3. Dibentuknya Komite Nasional Indonesia Pusat (KNIP)

Secara ringkas dapat dijelaskan sebagai berikut:

Pada masa penjajahan Belanda, terdapat lembaga semacam parlemen bentukan Penjajah Belanda yang dinamakan Volksraad.Pada tanggal 8 Maret 1942 Belanda mengakhiri masa penjajahan selama 350 tahun di Indonesia.Pergantian penjajahan dari Belanda kepada Jepang mengakibatkan keberadaan Volksraad secara otomatis tidak diakui lagi, dan bangsa Indonesia memasuki masa perjuangan Kemerdekaan.

Baca Juga  Legislator Golkar Ajak Seluruh Stakeholders Tingkatkan Kesejahteraan Pekerja

Sejarah DPR RI dimulai sejak dibentuknya Komite Nasional Indonesia Pusat (KNIP) oleh Presiden pada tanggal 29 Agustus 1945 (12 hari setelah Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia) di Gedung Kesenian, Pasar Baru Jakarta. Tanggal peresmian KNIP (29 Agustus 1945) dijadikan sebagai TANGGAL dan HARI LAHIR DPR RI. Dalam Sidang KNIP yang pertama telah menyusun pimpinan sebagai berikut:

  • Ketua : Mr. Kasman Singodimedjo
  • Wakil Ketua I : Mr. Sutardjo Kartohadikusumo
  • Wakil Ketua II : Mr. J. Latuharhary
  • Wakil Ketua III : Adam Malik

Email: DharmaSastronegoro@G24.News
Editor: Lala Lala

banner 325x300