Lifestyle

Laundry Like a Pro: Tips Mencuci Baju yang Harus Kamu Ketahui

26
×

Laundry Like a Pro: Tips Mencuci Baju yang Harus Kamu Ketahui

Share this article
laundry
Ilustrasi mencuci baju/Photo by Sarah  Chai: https://www.pexels.com/photo/anonymous-woman-putting-clothes-in-washing-machine-7282378/

G24NEWS.TV, JAKARTA – Mencuci baju mungkin bukan tugas yang paling menyenangkan dalam rutinitas harian kita, tapi siapa bilang itu tidak bisa menjadi momen produktif? Artikel ini akan membahas tips dan trik mencuci baju yang baik dan efisien, khususnya ditujukan untuk yang seringkali sibuk dengan berbagai aktivitas.

Sebelum Mencuci

  • Frekuensi Mencuci yang Tepat

Salah satu pertanyaan umum yang sering muncul adalah, sebaiknya kapan kita mencuci baju? Jawabannya sebenarnya tergantung pada jenis pakaian dan aktivitas harian. Pakaian dalam dan kaus kaki mungkin perlu dicuci setiap kali dipakai, sedangkan pakaian luar bisa dipakai beberapa kali sebelum dicuci. Secara umum, hindari mencuci pakaian terlalu sering agar pakaian tetap awet.

  • Sortir Baju dengan Bijak

Kita sering kali terburu-buru, tapi memmberikan sedikit lebih banyak waktu untuk sortir baju dapat membuat perbedaan besar. Pisahkan pakaian berdasarkan warna dan jenis kain. Pakaian putih sebaiknya tidak dicampur dengan pakaian berwarna agar menghindari pewarnaan yang tidak diinginkan. Selain itu, hindari mencampur kain kasar dengan yang lembut untuk mencegah gesekan yang merusak serat.

Saat Mencuci

  • Pengaturan Suhu yang Tepat

Air panas, hangat, atau dingin? Kita perlu tahu bahwa pengaturan suhu saat mencuci memainkan peran penting. Pakaian berwarna atau yang rentan menyusut lebih baik dicuci dengan air dingin untuk menghindari warna luntur dan penyusutan. Sementara itu, air hangat atau panas lebih efektif untuk membersihkan noda dan bakteri pada pakaian putih.

  • Pemilihan Deterjen yang Tepat

Pilihan deterjen bisa memengaruhi hasil pencucian. Kita harus memperhatikan jenis deterjen yang sesuai dengan jenis kain dan warna pakaian. Deterjen yang ramah lingkungan juga bisa menjadi pilihan untuk mereka yang peduli dengan keberlanjutan lingkungan.

  • Jangan Lupa dengan Instruksi Pencucian

Instruksi pencucian yang tertera pada label pakaian bukanlah sembarang petunjuk. Kita perlu biasakan diri membaca dan mengikuti instruksi ini untuk memastikan bahwa pakaian tetap awet dan tetap nyaman digunakan. Beberapa pakaian mungkin memerlukan perlakuan khusus seperti mencuci terpisah atau menggunakan air dingin.

  • Hemat Energi dan Air

Hemat energi dan air adalah praktik yang perlu diadopsi oleh masyarakat yang sadar lingkungan. Pilihlah mesin cuci dengan sertifikasi energi yang efisien dan pastikan untuk mengisi mesin cuci dengan penuh agar mencuci lebih banyak pakaian dalam satu siklus. Gunakan air secukupnya dan hindari pemborosan air saat mencuci.

Baca Juga  7 Tips Jadikan Kebersihan Bagian dari Gaya Hidupmu

Setelah Mencuci

  • Jangan Lupakan Pengeringan yang Benar

Pengeringan adalah langkah penting setelah mencuci. Kita sebaiknya tahu bahwa penggunaan pengering pakaian dapat meningkatkan risiko penyusutan dan merusak serat. Jika memungkinkan, lebih baik menjemur pakaian di bawah sinar matahari. Selain hemat energi, sinar matahari juga memiliki efek antibakteri alami.

  • Pemeriksaan Sebelum Menyimpan

Sebelum menyimpan pakaian dalam lemari, pastikan bahwa mereka benar-benar kering dan dalam kondisi baik. Pemeriksaan sebelum menyimpan dapat mencegah pertumbuhan jamur atau bau yang tidak diinginkan. Jika ada noda yang tertinggal, cuci ulang sebelum menyimpannya.

Baca Juga  Bangga, 8 Kuliner Nusantara yang Mendunia

Cucian yang Tepat, Hidup yang Nyaman

Mencuci baju mungkin terasa sebagai pekerjaan rutin, tetapi dengan mengikuti tips dan trik yang tepat, kita dapat menjadikan proses ini lebih efisien dan bahkan menyenangkan. Dengan merawat pakaian dengan baik, bukan hanya akan membuat mereka tetap awet, tetapi juga menciptakan kebiasaan yang ramah lingkungan. Jadi, mari mencuci baju dengan bijak dan menikmati hasilnya!

banner 325x300